April 18, 2014

Masuk Korea Selatan Tanpa Visa

Pesawat EastarJet dari Osaka seharusnya boarding pukul 13:00, dan terbang pukul 13:30. Saya melihat deretan orang mau naik pesawat dan saya jadi ikut mengantri. Saya kira yang akan terbang adalah pesawat saya, tapi ternyata bukan. Petugas maskapai bilang EastarJet boarding pukul 13:20. Wah, apa nggak terlalu mepet ya waktunya? Tapi ternyata benar, pukul 13:20 tepat, mereka boarding dan 10 menit kemudian memang benar-benar terbang.

Selama di pesawat saya tidur. Mungkin waktu saya untuk tidur sangat kurang tapi alhamdulillah nggak sakit sewaktu disana. Saya sarankan untuk kalian kalau mau backpacker ke luar negri dalam waktu yang lama harus banyak membawa obat-obatan. Vitamin apa lagi. Disana kalian bakalan jalan terus nggak berhenti, kecuali kalau lagi makan. Jangan lupa pakai alas kaki yang enak. Jangan pakai sendal jepit ya kalau musim dingin walaupun sendal jepit enak banget dipakai jalan, kecuali kalian mau membeku.

2 jam kemudian, saya tiba di Incheon international Airport. Duh, walaupun senang banget rasanya sudah sampai Korea dengan selamat, saya tetap deg-degan karena nggak punya Visa Korea. Turun dari pesawat, lalu masuk ke bandara Incheon dan menunggu kereta (Airport railway) menuju Immigrasi. Sama dengan di Kansai Airport, kita harus naik kereta menuju Immigrasi. Masih dag, dig, dug, deg, dor, banget deh.

Tiba di depan immigrasi, baca bismillah, dan mengantri di antrian dimana petugas immigrasinya cewek. Asumsi saya kalau cewek biasanya baik, hahaha. Oh ya, obat-obatan asma milik saya udah saya titipkan kepada teman yang punya Visa Korea, takut ntar ransel saya dibongkar, eh, malah ketemu obat-obatan. Sewaktu tiba giliran saya, saya langsung buka passpor saya yang tertempel Visa Jepang dan melampirkan tiket pesawat menuju Kuala Lumpur. Saya bilang, "This is my Japanese Visa and my airline ticket to Kuala Lumpur." Petugas melihat Visa Jepang saya dan bertanya, "Oh, you are travelling from Japan?" Saya jawab, "Yes!" Tanpa bertanya lagi, passport saya langsung di stempel. Alhamdulillah!! Ternyata gampang banget dan nggak ditanya apa-apa. Teman saya yang juga nggak punya Visa Korea, cuma ditanya, "Kuala Lumpur is in Indonesia or Malaysia?" Teman saya jawab, "Malaysia." Trus ditanya lagi, "And you are from?" Teman saya jawab, "Indonesia." Petugas langsung mengangguk-angguk. Mungkin bingung kali ya karena kami mau transit di Kuala Lumpur dulu baru ke Jakarta. Ahhh senang banget rasanya karena berhasil masuk Korea.

Fyi, teman saya (sebut saja Bunga) berangkat tanpa Visa Korea dengan rute Jakarta-Korea-Jepang-Jakarta. Sewaktu di bandara Soekarno Hatta, petugas Cathay Pasific menahan Bunga karena tidak memiliki Visa Korea. Bunga sudah meyakinkan petugas kalau bisa masuk Korea dengan Visa Jepang, tapi petugasnya tetap menahannya. Akhirnya Bunga menelepon saya dan dia menyuruh saya berbicara langsung dengan petugasnya. Saya meyakinkan mereka kalau saya bisa masuk Korea tanpa Visa karena saya memiliki Visa Jepang. Bahkan saya memforward email dari Kedutaan Korea di Tokyo supaya mereka tambah yakin. Mungkin memang beberapa maskapai kurang paham dengan peraturan ini. Kalau kalian berangkat dari Jepang, petugas penerbangan di Jepang sudah tau tentang peraturan Transit Tourist Bound For Another Country, jadi kalian nggak akan dipersulit. Kalau di Jakarta, belum tentu semua penerbangan tau. Sewaktu saya naik Air Asia, ketika masuk boarding gate di LCCT, petugas bandara Malaysia memeriksa Visa Jepang saya dan tidak memeriksa Visa Korea. Ntah karena mereka mengerti, atau mereka nggak peduli, hihihi. Sampai akhirnya teman saya berhasil boarding dari Soekarno Hatta menuju Incheon. Di immigrasi Incheon tetap bisa lolos sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kalian tenang saja ya :)

Saya mengambil bagasi dan kaget melihat anjing gede. Anjingnya mungkin mau mencium apa ada obat-obatan terlarang kali ya? Saya nungguin dulu petugas yang bawa anjing pergi, baru saya jalan keluar bandara. Serem banget anjingnya, saya jadi takut. Oh ya, teman saya menukar uang di konter Hana Bank dan dapat kurs 1 Won cuma 8,5 Rupiah, sedangkan saya menukar di Jakarta 11,1. Kok aneh ya? Bisa murah banget Won disini. Jadinya teman-teman saya menukar uang Rupiah ke Won semua. Karena kalau pun nanti bakalan ada sisa uang, mereka bisa menukar di Indonesia dengan kurs antara 10.3 sampai 10,7. Jadi buat kalian yang mau jalan-jalan ke Korea, nggak usah tukar uang terlalu banyak di Indonesia ya.
Sampai juga di Incheon
Sesuai dengan referensi yang saya baca, bandara Incheon ini infrastrukturnya keren banget. Dindingnya kaca, trus atapnya bergelombang seperti ombak. Keren banget deh. Di bandara saya melihat ada toko Tony Moly, The Face Shop, dan berbagai merk makeup lainnya. Wah, berarti toko-toko makeup disini mungkin nggak terlalu eksklusif karena dimana-mana juga tokonya ada. Kalian juga bisa menemukan dispenser air minum dimana-mana. Jadi bawalah botol air minum kosong, nanti tinggal isi. Oh ya, karena di Korea lebih mudah bayar tiket kereta pakai kartu (sebenarnya di Jepang juga), jadi beli kartu T-Money di mini market bandara dan langsung kalian isi uang secukupnya. Saya waktu itu mengisi 50,000 won dan itu kebanyakan. Nah, di Busan nggak bisa di refund isi T-Money jadi kalian isi secukupnya aja. Untung aja sewaktu saya di Busan, T-Money bisa dipakai untuk belanja.
Interiornya keren
Gaya lagi
Kami berjalan mencari stasiun kereta menuju Seoul Station. Tinggal tap kartu di gerbang kereta dan kita bisa masuk untuk menunggu kereta datang. Lebar gerbang keretanya agak sempit. Saya agak kesulitan mendorong koper gede masuk ke gerbang, berbeda dengan di Jepang sangat lebar. Saya melihat orang-orang sekitar dan menebak-nebak yang operasi plastik, hahaha. Agak nggak ada kerjaan ya. Iklan-iklan di kereta juga hampir semuanya Lee Min Ho. Ahhh, saya masih nggak percaya kalau saya benar-benar masuk Korea tanpa Visa. Dimana-mana saya bisa melihat tulisan Hangul. Selagi di dalam kereta, saya tetap memperhatikan orang-orang Korea. Rata-rata wajahnya kotak, hidungnya pesek, dan matanya sangat sipit. Beda banget dengan SNSD dan orang-orang Jepang yang saya lihat.

Sesampai di Seoul Station, saya heran melihat betapa ramenya orang-orang yang bersliweran kesana-sini. Memang pusat stasiun kereta di Seoul adalah Seoul Station, jadi rame banget orang disini. Saya tiba di stasiun ini sekitar pukul 6 sore, mungkin karena bertepatan dengan waktunya orang pulang kerja juga. Kami langsung mencari Line kereta menuju Hoegi Station supaya bisa langsung menitip koper di hotel dan belanja ke Myeong-dong.

Nah, inilah nggak enaknya stasiun di Seoul. Hampir semua tempat nggak ada eskalator turun. Eskalator naik pun nggak tersedia di setiap tempat. Apalagi kalau kita bawa banyak tentengan, ribet banget deh. Saya langsung lemes melihat tangga turun menuju tempat menunggu subway yang sangat panjang. Tarik napas dan mencoba mengangkat koper perlahan-lahan. Kasihan juga kalau minta tolong teman-teman cowok karena mereka juga bawa koper gede-gede. Tiba-tiba ada seorang ibu-ibu langsung mengangkat koper saya dari samping dan membantu saya menuruni tangga. Wah saya kira koper saya mau diambil, eh ternyata baik banget ibu ini mau ngebantuin angkat koper. Saya langsung mengucapkan, "Thank you, Arigato, Khamsamida!" Soalnya masih bingung mau pakai bahasa apa, hahaha.

Setelah menunggu subway beberapa saat, kereta datang dan penuh. Ah, ya sudahlah, yang penting sampai ke hotel. Rasanya capek banget, tapi rasa penasaran saya terhadap kota Seoul lebih besar lagi. Hmm, kayaknya postingan saya kali ini udah kepanjangan. Mari kita lanjutkan nanti ^_^

Catatan 2016 : Beberapa teman traveller bilang kalau pakai Visa Jepang sudah tidak bisa lagi masuk ke Korea tanpa Visa dengan Visa Jepang per 04 April 2016 (Ulang Tahun saya ini!!!)


  • Dengan banyaknya penyalahgunaan Bebas Visa saat ini, ditambah dengan meningkatnya imigran gelap dan pelanggaran izin tinggal, Pemerintah Korea dengan ini mengubah kebijakan Bebas Visa sebagai berikut : 
  • Pemegang Visa(termasuk Re-entry Permit) 5 negara(Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Jepang) yang transit melalui Korea Selatan diperkenakan tinggal selama 30 hari.. Amerika Serikat (Termasuk Gaum & Saipan)
  • Berlaku mulai tanggal 1 Mei 2016, Negara Jepang tidak lagi termasuk menjadi Negara Bebas Visa(Transit) 
  • Pengecualian bagi Group Visa Jepang untuk turis dapat tinggal di Korea Selama 30 Hari.
http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/issuance/index.jsp

Silahkan di konfirmasi sendiri ya. Terima kasih :)
Reactions:

435 comments:

«Terlama   ‹Lebih tua   401 – 435 dari 435   Lebih baru›   Terbaru»
Mahqfira Putri mengatakan...

ini email aku mba,
mahqfirap@gmail.com. terimakasih :)

Gamma Abdul Hakim mengatakan...

Mbak Meutia bisa minta tolong forward emaio yang dari kedutaan, saya juga masuk korea pake visa jepang next month.
Thanks before .

gammabae@gmail.com

rama maulana mengatakan...

mbak bisa di forward ke saya di ramamaulana3031@gmail.com makasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Semua uda di forward ya

Nur Fatimah mengatakan...

Dear mba Meutia,

Suka banget baca blog mbak, penjelasannya rinci dan sangat informatif, very helpfull.

Mohon bantuannya yah mbak tlng forward ke email saya nurfatimah.jlr@gmail.com mengenai email Kedutaan Korea di Jepang.

Makasih banyak yah mbak

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@nur fatimah: udah ya

Yuandt~ mengatakan...

Halloooo Mbak Mutia...

Makasih banget ada pencerahan secerah-cerahnya kaya gini untuk visa yang ditolak dan broken heart menangis seminggu hahaha

akhirnya aku beli tiket jepang juga deh demi ke korea... T__T

anyway aku boleh minta tolong di email dari kedutaan Jepangnya mba ke tunggadewi27@gmail.com

terimakasih mba Meutia :*

Arina Alfanur Hani mengatakan...

Hai kak meutia, boleh minta foward email dari kedubes korea di tokyo mengenai bebas visa ke korea jika memiliki visa jepang? Ini email saya arinalfanurhani@gmail.com.
Terima kasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@yuandt dan @arina : udah ya

Anonim mengatakan...

Just FYI guys,terhitung mulai 1 May 2016, Visa Jepang sudah tidak bisa digunakan lagi untuk masuk ke Korea Selatan. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan berkunjung langsung ke link pengumuman kedubes Korsel dibawah ini :)

Regards,
Yum

http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/mission/notice/index.jsp

ahdi diana mengatakan...

forward sya juga mba ke satelit.management@yahoo.com makasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@ahdi : udah ya

Arie Yuliarti mengatakan...

Salam kenal mba Meutia,
Mau tanya, apakah kita harus punya tiket balik ke jakartanya? Kalau hanya jakarta-tokyo-seoul saja bisa atau ngga ya?
Boleh minta tolong diforward juga emailnya ke arieyuliarti@gmail.com? Terima kasih.. :)

Arie Yuliarti mengatakan...

Salam kenal mba Meutia,
Mau tanya, apakah kita harus punya tiket balik ke jakartanya? Kalau hanya jakarta-tokyo-seoul saja bisa atau ngga ya?
Boleh minta tolong diforward juga emailnya ke arieyuliarti@gmail.com? Terima kasih.. :)

Indra Diky mengatakan...

Dear Meutia,

Untuk skema ini visa Jepang udah gak bisa dipake per 1 Mei 2016. Mungkin bisa diupdate blognya. Pengumumannya ada di bagian pengumuman website kedubes korea di Indonesia http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/issuance/index.jsp

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@arie : berdasarkan info dari indra, uda ga bisa lg masuk kesana...

erika mengatakan...

Iya Mbak...udah gal bisa. Di keterangan sarat visa transit Di hikorea tntang 'tourist in transit to third country' , negara jepang udah gal dicantumin lagi. Kalo buat visa Dari Aussie,usa,canada,new Zealand masih bisa free visa.. saran saya sih ditambahin update an aja Mbak... thx

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@erika : sudah di update ya.. btw, saya punya visa new zealand. balik ke korea lagi ah. hahaha

Cynthia Rompas mengatakan...

Hai ka Meutia Halida Khairani, saya Cynthia dann sekarang sedang berada di Jepang dan akan stay disini sampai bulan September.
Saya ingin pergi ke korea bulan depan kira-kira 3-7 hari, apakah saya harus membuat visa ?
dan bagaimana kira-kira prosedurnya ?

Terimakasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@cynthia : harus buat.. prosedur bisa baca di web kedubes korea di jepang ya.

Hana Redd mengatakan...

Mbak, kalau saya ke jepang pakai asiana/korean air kan pasti transit di Seoul, apakah masih bisa jalan2 di seoul selama transit atau tetap harus pakai visa korea untuk keluar imigrasinya? Mengingat peraturan yg visa jepang sudah tidak berlaku.
Terimakasih

Mega Aida Fitriana mengatakan...

hi kak, mau tanya, saya ada rencana ke korea oktober ini, namun untuk pengajuan visa, tiketnya masih dalam bentuk reservasi (belum saya bayar). kalau semisal saya di formulir menulis tanggal 1-7 (ini misal) ternyata tanggal keberangkatan saya mundur hinggan nov (misal: karena maskapai yang saya inginkan kemahalan T.T) bisakah saya mundur tanggal entry masuk koreanya? terima kasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@hana : nggak bisa sih harusnya

@mega: di visa hanya ditulis range tanggal masuk sih. bukan per tanggal sekian harus masuk (berada) di korea

Fitri Djunaidi Zaini mengatakan...

NAMA SAYA SRI WAHYUNI SAYA MAU KE JEJU,, TAPI TRANSIT DISHANGHAI TAPI SAYA GA PUNYA VISA...ITU BAGAIMANA MB,,APAKAH BISA SEBAB TIKET SDH DI BELI DAN TGL 20 SEPT INI BERANGKAT,,MOHON INFO DAN SOLUSINYA..MKSH

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@sri: kenapa kamu beli rute begitu? saya kurang tau...

idah sosidah mengatakan...

HAI KA MAU NANYA INFO DONG ,
BOLEH KIRIMKAN WA KAKA GA KE ALAMAT EMAIL AKU nadyaoetaria@gmail.com

maaacih kaka :)

Unknown mengatakan...

Hai mb...
Pingin bgt rasanya jlan ke korea kaya mb..tapi takut jga gmna ngurus visa nya yaa skg soal nya ax di macau.. Kalo bisa bagi info dong mb..oya katanya kalo ke korea itu syarat nya harus punya tanbungan brpa banyk gitu bener ga sih mb ??

Radna Lina mengatakan...

Hai mb..kenalin saya radna Ih pingin deh mb bisa jalan ke korea...tapi gmna yaa cara ngurusnya apa bisa bebas visa jga.soalnya skg saya di macau mb.rencana sih mu liburan ke korea tapi gmna ya caranya mohon info nya dong mb kali aja bisa bantu saya. Penah punya visa singapore jga mb saya..mohon ya mb diblas.maksih.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Radna : bisa nanya ke kedubes korea di macau ya

wahyu ilham mengatakan...

mbak, minggu depan saya mau nekat rute singapore-seoul-tokyo mohon pencerahannya

forwardkan email kedutaannya juga buat saya

wahyuilham@ymail.com

mohon doanya mbak.

terimakasih.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@wahyu... peraturannya uda ga berlaku lagii

AyLa MoCca's Blog mengatakan...

Hallo mbak mutia salam kenal. Nama saya Ayla. Mbak klo sy punya visa Australia. Trs sblm pulang ke indonesia saya mau transit di korea sekitar 5 hari. Jd begini rutenya :

Sydney - KL (transit) - Seoul (5 hari) trs pulangnya Seoul - KL (transit) - Jakarta. Itu kira" bsa bebas visa korea gak ya kak pakai visa Australia? Btw klo boleh minta forward email dari kedubes jepang dong mbak. Soalnya klo sy nanya ke kedubes indonesia gk boleh klo transit di korea sampai brhari", bolehnya cm jam sja. Makasih sblmnya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Ayla: saya rasa kata transit itu harus sydney-seoul-KL. Ngga bole transit dulu di KL baru Seoul. Btw email kedubes jepang harusnya uda expired krn uda 4 tahun yg lalu. Tapi kamu bisa baca peraturannya di https://www.hikorea.go.kr/pt/main_en.pt

semoga membantu

Novia Lusiana mengatakan...

Dear mbak Mutia,

Boleh tahu web-address yang menginformasikan kalau bagi warga indonesia bebas Visa untuk ke Jeju?
ada rencana ke Jeju bulan ini, mungkin peraturan itu bisa saya buat pegangan semisal ada kejadian yang sama. Kebetulan juga mau naik AirAsia juga

Terimakasih.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@novia : bisa cek https://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?categoryId=2&parentId=385&catSeq=401&showMenuId=375

untuk pengalaman saya bisa baca di :
http://www.meutiadiary.com/2018/03/pulau-jeju-tanpa-visa.html

«Terlama ‹Lebih tua   401 – 435 dari 435   Lebih baru› Terbaru»

Follow me

My Trip