Desember 10, 2016

Attending Jakarta Events 2016

Hi, saya ingin mencatat beberapa events yang saya ikuti dari Juli 2016 sampai Desember 2016 (semester 2). Semester 1 kemarin sudah saya tulis semua di bulan Ramadhan dan memang nggak sebanyak semester 2. Di semester ini postingan di blog saya luarrr biasa banyaknya bahkan sampai kelelahan untuk mencari waktu. Sekalian mau me-review sedikit kegiatan di acara tersebut untuk saya ingat. Baiklah, mari disimak:

1. Digital Transformation - Marketing and Customer Engagement Analytic (Tuesday, 20 September 2016)
Acara di gelar di Pullman Hotel di jalan MH Thamrin jam 9 pagi dan saya sampai disini 45 menit setelahnya. Duh, lain kali dari Depok nggak akan naik mobil lagi kalau meeting pagi karena macetnyaaaaa ampun dah. Jujur aja saya baru sekali ke hotel super keren yang satu ini. Alhamdulillah juga diberikan kesempatan mencicipi sarapan dan makan siang disini.
Roundtable
Ikut acara ini waktu itu sedang flu dan suara serak. Alhasil nggak boleh terlalu banyak nanya ini itu ke narasumber. Acara yang satu ini semacam promosi software untuk para pemilik e-commerce atau Marketplace bisa mengetahui berapa orang yang berkunjung ke website kita, halaman apa yang sering di klik, mengatur alamat email, dan lainnya.

Kelebihan : Saya jadi tau kalau perusahaan besar itu ternyata selalu bekerja sama dengan para blogger untuk boosting their brand image.

Kekurangan : Mungkin karena saya waktu itu belum berencana beli e-commerce, jadi belum kepikiran untuk beli software ini.

2. HP Inc -  Solutions Cafe Indonesia (Thursday , 13th October 2016)
Lokasi acara di Menara Bidakara, Raja's Cafe & Resto. Kali ini saya diundang ke acara ini mungkin karena nama saya udah ada di database penyelenggara. Kalau sempat sih saya selalu mengusahakan untuk memenuhi undangan. Lumayan dapat Cappucino dengan topping logo HP. Acara ini mempromosikan produk-produk HP seperti laptop, komputer, printer, bahkan sampai server pun ada.
Cappucino
Kelebihan : Jadi tau spesifikasi laptop canggih sekarang udah seperti apa. Memang sekarang saya masih pakai netbook untuk dibawa kemana-mana karena ringan banget, tapi spesifikasi netbook sangat terbatas. Kayaknya harus beli laptop baru nih.

Kekurangan : Menu makan siangnya cuma 2 aja. Awalnya malah nggak disediakan air mineral, jadi saya harus pesan minuman lagi. Ternyata pas acara hampir berakhir, eh para tamu masing-masing diberikan sebotol Aqua.

3. How to be "Pahlawan Devisa" - Online Business Start-up Guide Conference (Wed Oct 26, 2016)
Acara ini diselenggarakan di Universitas Indonesia dengan membayar $35. Yang membuat saya tertarik datang kesini karena ada Mbak Jenny dari Payoneer yang mau berbagi tentang pengalamannya jualan online di Etsy dan Amazon. Soalnya saya gagal melulu jualan di Etsy. Setiap buka akun, pasti di banned. Duh, kenapa ini ya? Pengisi acara memang bukan Mbak Jenny doang, tapi ada beberapa orang yang lain yang mengajarkan kita cara membangun start up.
Ruang kelas
Kelebihan : Saya jadi bisa mendapatkan kontak investor besar dari Singapura dan insya Allah kita akan kerja bareng.

Kekurangan : Venuenya biasa banget. Hanya di ruang kelas di salah satu Fakultas di UI.

4. HOW TO SELL ONLINE - Directly f/ Lazada, Line, Facebook, bDigital, Veritrans (Fri Oct 28, 2016)
Workshop senilai $79 yang berlokasi di Marquee Cyber 2 Tower Kuningan dan mengharuskan saya bangun pagi dan mengejar kereta balik Depok jam 7.45. Tapi saya jadi bisa datang 15 menit sebelum acara dimulai. Event yang satu ini menurut saya super penting. Saya diajarkan dari awal membuat webstore, mengiklankan melalui Facebook dan Instagram, membuat admin messenger di Line, trik listing barang di Marketplace besar seperti Lazada, sampai pembayaran yang simple menggunakan Veritrans.
Meja narasumber
Buku catatan
Kelebihan : Ilmu yang didapat disini super penting dan membuat saya memutuskan langsung beli 2 e-commerce dan 1 web company profile. Venuenya keren, makanan enak, dan pengisi acara super keren.

Kekurangan : Sewaktu sesi Facebook dan Instagram agak singkat. Sewaktu presentasi lagi seru-serunya, eh udah waktunya makan siang dan sesi ini jadi di cut. Padahal ilmunya belum terlalu banyak yang di dapat nih.

5. Indonesia Infrastructure Week 2016 (9-11 Nov 2016)
Lokasinya berada di JCC Senayan. Sebenarnya saya agak males-malesan datang ke acara ini karena agak kurang relevan dengan bisnis yang saya jalankan. Karena awalnya saya mau masuk ke bisnis konvensional, jadinya mau sekalian liat-liat aja.
Name tag
Kelebihan : Jadi tau teknologi tata kota.

Kekurangan : Karena nggak relevan, jadi bosan.

6. Tech In Asia Jakarta 2016 (For Local Delegates) (Wed Nov 16 8am – Thu Nov 17, 2016)
Semula saya nggak tau dan nggak kebayang ini acara apaan ya? Teman saya mengirim link untuk saya register sebagai Woman Enterpreneur sehingga bisa gratis datang ke acara ini. Saya iseng daftar karena masih berpikir mana mungkin bisa lolos kualifikasi untuk masuk gratis (seharusnya membayar $99-$199). Mungkin memang rejeki dari Allah yang membuka jalan saya untuk mengetahui dunia start up, jadilah saya terpilih untuk mendapatkan tiket gratis. Alhamdulillah!
Woman Enterpreneur
Nadiem Makarim
Acara ini merupakan pameran start up terbesar di Asia dan tahun ini Jakarta, Indonesia menjadi tuan rumah. Lokasinya berada di Balai Kartini dan pengisi acaranya keren-keren banget. Ada Nadiem Makarim dan William Tanujaya yang menjadi raja-raja startup dan beberapa CEO serta investor besar di Asia. Saya takjub dengan acara ini, apalagi ketika mendengarkan Nadiem berbicara. Dia keren banget banget banget deh.

Kelebihan : Saya jadi tau detail tentang startup, mencari inspirasi di dunia digital enterpreneur, dan mendengarkan kisah dari orang-orang sukses. Acaranya super keren. Alhamdulillah merasa bersyukur pernah datang ke acara seperti ini.

Kekurangan : Makan siang harus bayar. Padahal tiket masuk seharusnya kan bayar mahal tapi tetap aja nggak ada free lunch. Sewaktu udah beli makan siang, susah nyari tempat duduk. Jadi aja duduk di lantai.

7. The Payoneer Forum - Online Seller (Sat Nov 19, 2016)
Acara ini diselenggarakan di Conclave, Kebayoran, dan dimulai jam 8.30 pagi. Udah weekend, tetap harus bangun pagi, padahal semalem saya baru pulang meeting jam 11.30 malam. Karena temanya tentang jualan online, makanya saya bela-belain datang kesini. 
Presentasi
Kelebihan : Jadi tau juga kalau berjualan dropshipping nggak melulu di Amazon. Kalian bisa jualan di Shopify juga dengan hasil yang menggiurkan.

Kekurangan : Venuenya lumayan sempit. Beberapa orang malah jadi duduk di tangga karena udah nggak kebagian kursi lagi. Maunya pesertanya dibatasin kalau memang venuenya kecil.

8. China – Indonesia Business Summit & China (Zhejiang) – Indonesia Business Matchmaking Meeting (Selasa, 6 Desember 2016)
Event terakhir di 2016 yang saya ikuti. Lokasi acara di Ballroom, Shangri-La Hotel, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta. Selama kalian memiliki bisnis (businessowner) kalian bisa ikut ke acara ini dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Tapi karena ini closed event, kalian hanya bisa tau kalau ada acara seperti ini kalau ikut Forum Pengusaha Tiongkok. Sebenarnya saya nggak ikut forum tersebut, tapi si Khanti (teman saya) yang ikut karena dia pernah kuliah S2 di Taiwan. 
Bendera China-Indonesia
Selain Tech in Asia, acara ini merupakan salah satu yang terbesar dan termewah di tahun 2016 yang pernah saya ikuti. Banyak pejabat dan pengusaha (orang-orang kaya) datang kesini sekalian untuk networking. Mungkin saya pengusaha paling kere disitu, hihihi. Tapi nggak apa-apa deh untuk pengalaman.

Kelebihan : Jadi tau kalau industri di China itu super besar dan menawarkan kerja sama dalam bidang apa pun dengan Indonesia.

Kekurangan : Para pengusaha Tiongkok bukan untuk menanamkan saham ke Indonesia, tapi lebih ke trading. Awalnya Khanti berbicara dengan sebuah perusahaan Travel dan menawarkan untuk berinvestasi, tapi mereka menolak dengan senyum-senyum gitu. Huft!

Baiklah, sekian tulisan dari saya. Sepertinya tahun 2017 super penuh lagi dengan acara. Duh, kalau harus ikut acara terus, kapan saya mau jalan-jalan? >_<

1 comments:

Iwan DS mengatakan...

Mantap kali Mbak yang satu ini. Sukses selalu ya...^_^

Categories

adventure (313) Living (250) Restaurant (151) Cafe (144) Hang Out (139) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (84) Movie (73) Lifestyle (68) Jakarta (64) Aceh (53) Event (48) Islam (38) Hotel (37) China (31) Jawa Tengah (27) Jawa Timur (23) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Malaysia (17) Warung Tenda (17) Consultant (16) Technology (16) Family (15) Beach (14) Kuala Lumpur (14) Saudi Arabia (14) Semarang (14) Vietnam (14) Philippines (12) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Malang (11) Bali (10) Crush (10) Lomba (10) Birthday (9) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Singapore (9) CEO (8) Medina (8) Myanmar (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Cambodia (7) Jeju Island (7) Kepulauan Bangka Belitung (7) Osaka (7) Seoul (7) Wedding (7) Banjarmasin (6) Kalimantan Selatan (6) Karimun Jawa (6) Laos (6) Luang Prabang (6) Makassar (6) Surabaya (6) Auckland (5) Bangkok (5) Banyuwangi (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Mecca (5) OMDC (5) Pulau Derawan (5) Sukabumi (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Bangka (4) Belitung (4) Busan (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Probolinggo (4) Queenstown (4) Siem Reap (4) Yangon (4) giveaway (4) Aceh Barat (3) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Entrepreneur (3) Ho Chi Minh (3) Jeddah (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) Aceh Jaya (2) BBLive (2) Bago (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Banda Aceh (1) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Kyaiktiyo Pagoda (1) Nagan Raya (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Takengon (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)