September 05, 2017

Idul Adha 1438 H di Banjarmasin

Sebelum memulai postingan tentang destinasi terbaru yang saya kunjungi, saya mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H. Semoga Qurban kita berkah, semoga saudara-saudara kita yang sedang berhaji menjadi mabrur semuanya, dan semoga amalan puasa Arafah kita diterima. Aminn ya Allah.

Ini tahun kedua saya nggak merayakan Idul Adha di Jakarta atau di Depok. Dulu sewaktu masih kerja dan masih ngekost, biasanya Idul Adha jatuh di tengah hari weekdays, jadi sama aja seperti libur nasional biasa. Lagian mesjid dekat dari kosan, makanya nggak merasa berat sama sekali untuk pergi shalat Ied berjamaah ke mesjid. Nah sejak tinggal di rumah sendiri tahun 2015, saya sengaja menginap di rumah teman yang di kompleknya melaksanakan shalat Ied berjamaah di lapangan atau di mesjid. Emang kenapa di rumah sendiri? Karena rumah saya di cluster cuma ada Mushalla (mesjid kecil), jadi saya harus nyari mesjid yang agak jauh dari rumah. Saya berpikir, sekalian aja nginep di rumah teman. Malas juga Idul Adha di rumah sendirian, mendingan pergi kemana gitu.

Tahun 2016 saya merayakan Idul Adha di Makassar dan tahun 2017 di Banjarmasin. Sebenarnya mau ke Tehran, mana tiket pesawat kesana juga lagi murah. Tapi agak susah karena teman-teman cewek lagi nggak bisa berangkat dan saya nggak mungkin pergi dengan teman cowok yang bukan muhrim berdua doang. Sempat bingung juga mau kemana dan saya tetap berpikir nggak mau lebaran haji di Jakarta. Apa pulang ke Aceh aja gitu ya? Tapi malas juga karena kemaren di Aceh udah kelamaan dan kalau ke Aceh cuma sebentar itu nggak enak rasanya.

Alhamdulillah ada temen ngabarin kalau Airy, salah satu aplikasi booking hotel murah, baru saja merilis fitur booking tiket pesawat terbaru. Wah, tanpa berpikir lama, saya download aplikasinya dan benar saja, diskon 20% ke semua rute domestik. Mana harga tiket pesawatnya lebih murah dari aplikasi booking tiket pesawat manapun ditambah diskon pulak. Senangnyaaaa😍😍😍! Saya langsung posting di semua social media tentang promo ini, karena mungkin aja ada yang butuh tiket murah. Nah, yang bingung lagi, mau kemana? Sempat mikirin mau samperin teman mana lagi nih di Indonesia? Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan untuk ke Banjarmasin. Kenapa? Karena waktu itu pernah janji sama teman SMA bernama Baitil untuk ke Banjar dan belum terlaksana sampai sekarang. Memang sih Baitil sekarang udah balik ke Jakarta, jadi sekalian saya ajak dokter yang satu ini untuk sekalian liburan balik lagi ke Banjar. Apalagi, teman Baitil disana banyak banget, jadi kita bisa diajakin jalan-jalan. Saya juga sekalian booking hotel di Airy yang promonya banyak banget, bahkan Airy juga bekerjasama dengan banyak bank untuk memberikan diskon.

Tanggal 31 Agustus, setelah kerjaan kantor beres, saya langsung naik DAMRI ke bandara beberapa jam lebih awal karena takut kena macet. Pengalaman tahun lalu kalau mau longweekend pasti tol macet dan saya sampai ketinggalan pesawat. Perjalanan saya dari Depok ke Bandara memakan waktu 2 jam lebih, sampai saya ketiduran nyenyak banget di DAMRI. Sesampai di Bandara, sempat heran juga melihat antrian cek in yang panjangggg banget di hampir semua konter😨😨😨. Duh, mana si Baitil belum berhasil dapat taksi online ke Bandara, belum ngantri cek in, keburu nggak ya dia?

Selesai cek in, saya makan, lalu masuk ke Gate. Udah jam 7 lebih dan Baitil belum sampe juga ke bandara. Duh, curiga seperti tahun lalu dimana dia ketinggalan pesawat sewaktu kami mau berangkat ke Derawan. Memang belum ada panggilan boarding tapi seharusnya udah nggak boleh cek in. Mana kalau di Whatsapp terus, nanti Baitil tambah stress karena takut ketinggalan pesawat. Jadilah saya diam aja nggak ngapa-ngapain walaupun sebenarnya khawatir banget bakalan berangkat ke Banjarmasin sendiri. Mana ada bapak-bapak yang baru masuk Gate bilang kalau macet banget di Jakarta sampai 3 jam perjalanan ke Bandara. Semakin stress nih saya. Alhamdulillah Baitil berhasil cek in dan ternyata Lion Air delay sejam. Hmmph, walaupun nggak suka delay, tapi yang penting Baitil nggak ketinggalan pesawat.

Kami boarding jam 9 malam (seharusnya pukul 19.30), ditambah lagi pesawat nggak terbang-terbang walaupun penumpang udah pada naik ke pesawat. Saya tiba di Banjarmasin pukul 00.30 WITA, dan sampai ke hotel sekitar jam 1 malam menggunakan taksi bandara dengan tarif Rp. 130,000. Malam itu seluruh kota Banjarmasin sedang mati lampu sekali pun di hotel nggak. Tapi WIFI mati juga.
Sajadah di mesjid Banjarmasin
Saya tidur jam 2 malam, bangun jam 5.30 pagi, shalat shubuh, mandi, dan bersiap shalat Ied di mesjid sebelah hotel banget. Tinggal jalan kaki doang ke mesjid ini. Mesjidnya agak sepi, mungkin karena orang-orang pada ke Mesjid Agung. Listrik masih mati, sehingga mesjid harus menyalakan genset. Kasihan juga, suasana lebaran malah mati lampu. Khutbah juga jadi nggak kedengaran karena berisiknya suara genset. Pukul 8 WITA, shalat Ied selesai. Saya balik ke hotel, sarapan, lalu tidur lagi karena ngantuk banget. Mungkin karena baru tidur 3 jam doang jadi ngantuknya nggak tertahankan. Mana di pesawat kedinginan jadi nggak begitu bisa tidur. WIFI juga masih belum bisa, jadi agak susah ngecek kerjaan. Ya udah deh, akhirnya saya tidur sampai jam 11 siang, hahaha.

Nanti saya sambung lagi ceritanya. See you!

2 comments:

Mila Said mengatakan...

Idul Adha traveller hihihiii

sabun jerawat untuk kulit sensitif mengatakan...

terimakasih atas infornya, jangan lupa kunjungi kami
di http://blackwaletfacialsoap.com/sabun-jerawat-untuk-kulit-sensitif/

Categories

adventure (308) Living (249) Restaurant (151) Cafe (144) Hang Out (139) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (84) Movie (73) Lifestyle (68) Jakarta (64) Aceh (53) Event (48) Islam (38) Hotel (37) China (31) Jawa Tengah (27) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Jawa Timur (18) Science (18) South Korea (18) Malaysia (17) Warung Tenda (17) Consultant (16) Technology (16) Family (15) Beach (14) Kuala Lumpur (14) Saudi Arabia (14) Semarang (14) Vietnam (14) Philippines (12) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Bali (9) Birthday (9) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Malang (9) Singapore (9) CEO (8) Medina (8) Myanmar (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Cambodia (7) Jeju Island (7) Kepulauan Bangka Belitung (7) Osaka (7) Seoul (7) Wedding (7) Banjarmasin (6) Kalimantan Selatan (6) Karimun Jawa (6) Laos (6) Luang Prabang (6) Makassar (6) Surabaya (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Mecca (5) Pulau Derawan (5) Sukabumi (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Bangka (4) Belitung (4) Busan (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) OMDC (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) Siem Reap (4) Yangon (4) giveaway (4) Aceh Barat (3) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Entrepreneur (3) Ho Chi Minh (3) Jeddah (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) Aceh Jaya (2) BBLive (2) Bago (2) Banyuwangi (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Banda Aceh (1) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Kyaiktiyo Pagoda (1) Nagan Raya (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Takengon (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)