Oktober 28, 2017

Belitung Culinary

Berhubung antrian posting tinggal beberapa lagi (akhirnya hampir kelar juga), dan ini adalah postingan  terakhir tentang Bangka dan Belitung. Huff, setelah sebulan kepulangan saya dari kepulauan eksotis ini, alhamdulillah tulisannya kelar juga walaupun terlalu banyak distraction via Whatsapp. Kalau nyalain Whatsapp di laptop, notifikasinya kan muncul dari sudut kanan bawah, pasti saya baca dulu baru lanjut menulis😅.

Baiklah teman-teman, saya akan menuliskan beberapa rumah makan, warung, cafe, dan restoran yang sempat saya cicipi selama perjalanan saya di Belitung. Beberapa makanannya saya lupa namanya karena kita pesan sekalian banyak gitu. Nggak apa-apa yah. Mari disimak:

1. Ruma Makan Belitong Timpo Duluk
Ini adalah Rumah Makan (RM) pertama yang saya kunjungi di Belitung. Alamatnya di Jalan Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411. RM ini penuh banget, jadi agak susah untuk mencari tempat kosong buat kita yang berjumlah 15 orang.
Selamat Makan
Di RM ini, kalian bisa memilih menu satuan, atau paket. Untuk paket, harga perorang jadi Rp. 65,000. Saya dan beberapa peserta trip Rancupid Travel memilih menu satuan dan banyak banget tapi pada akhirnya kami membayar Rp. 62,000. Jadi menurut saya kalian mending memesan menu satuan aja ya disini, hihihi. Untuk minuman, kita semua pesan es jeruk kunci. Jeruk kunci ini agak unik menurut saya karena rasanya seperti jeruk manis tapi bentuknya seperti jeruk nipis. Cuma ada di Belitung kayaknya.
Menu paket
Untuk rasa makanan semuanya enak. Saya jadi bingung kalau mau menceritakan rasa makanan satu demi satu karena banyak banget yang saya cicip. Pokoknya semua enak, bumbunya terasa, dan saya makannya banyakkk banget, hihihi.
Cumi krispi dengan sambal terasi. Cuminya manis dan empuk
Pepes ikan masih nutup
Pepes ikan terbuka
Iga asam manis pedas
Cumi dimasak bareng nenas disajikan dengan kelapa muda (bingung kan?)
Tenggiri goreng enak banget
2. Rumah Makan Rindu Pantai
Setelah kami lelah snorkeling dan island hopping, malamnya kami makan di Rumah Makan Rindu Pantai yang berlokasi di Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Seperti biasa, RM seperti ini menyajikan makanan paket tapi kali ini lebih murah yaitu Rp. 55,000. Segala macam sajiannya adalah makanan laut dan saya juga lupa beberapa menu makanannya. Mungkin karena lapar, jadi langsung menyerbu makanan ketika dihidangkan. Udah nggak nanya-nanya lagi ini nama menunya apa.
Ikan Bakar
Cumi yang dimasak bareng tintanya sekalian
Cumi krispi
Udang bakar
Udang kuah
3. Kong Djie Coffee  
Kali ini kita bakalan dibawa ke warung kopi paling ngehits se-Belitung bernama Kong Djie Coffee. Alamatnya berada di Jl. Sijuk, Air Merbau, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414. Selain paling nge-hits, Cafe ini juga sudah berdiri cukup lama sejak 1943.
Tampak depan
Suasana di dalam Cafe
Saya memesan kopi susu dan es coklat khusus untuk mencicipi rasanya. Beberapa teman saya bilang kalau bubuk coklat di warung ini enaknya setengah mati. Dan benar saja, memang enakkkk banget minuman coklatnya, seperti kalian minum coklat sekelas Godiva tapi yang manis. Untuk orang yang nggak suka kopi seperti saya, saya merasa kopi Belitung ini enak banget, seperti kopiko. Saya sempat meminumnya sebelum dicampurkan dengan susu, dan setelah dicampur. Dua-duanya enak sesuai selera saya. Sayangnya saya lupa membeli bubuknya untuk oleh-oleh. Tumben banget saya lupa beli oleh-oleh.
Memilih cemilan
Es coklat (kiri), Kopi Belitung (kanan)
Selain memesan minuman, kalian bisa memilih sendiri cemilan seperti risol, bakwan, atau pisang goreng seharga Rp. 2000. Lumayan untuk mengisi perut di jam-jam nanggung (pagi bukan, siang bukan).
Cemilan
Selamat menikmati
4. Rumah Makan Dapur Sakato
Setelah 3 hari di Belitung, ntah kenapa kita semua malah pengen makan Padang. Kita googling untuk cari-cari warung Padang enak, ketemu dengan RM yang beralamat di Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411. Menunya banyak banget dan ada menu Belitung juga. Jadi kalau memang tetep ingin makan makanan khas Belitung, kalian tenang aja karena masih ada menunya disini.
Foto dari Google My Business
Menurut saya RM Padang ini lumayan mahal. Ntah karena banyak artis yang berkunjung kesini jadi standar harganya mahal banget. Saya dan teman-teman makan dengan harga antara Rp. 30rban-50rban. Mungkin sama dengan RM Sederhana dan RM Garuda di Jakarta kali ya. Bahkan RM Sederhana aja nasi pake ayam masih Rp. 20rban.

5. Warung Sunset Akhaula
Ini adalah Cafe dengan pemandangan paling cantik menurut saya. Siangnya setelah makan di RM Padang, kami mampir ke Cafe ini untuk reservasi dulu agar bisa mendapatkan tempat yang berhadapan langsung dengan matahari terbenam. Setelah mandi sore, kami balik lagi ke Cafe dan takjub melihat sunset Subhanallah indahnya. Lokasinya Cafe ini berada di Jl. Patimura, Tj. Pendam, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411.
Dear Sunset
Menikmati matahari terbenam
Suasananya emang enak banget. Kalian benar-benar bisa melihat langsung matahari tenggelam sejauh mata memandang sambil ngobrol seru bersama teman-teman. Padahal sebelumnya hujan deras di pulau Belitung dan saya kira nggak akan mendapatkan sunset seindah ini.
Ngobrol seru
Payung-payung Cafe
Terlepas dari suasana yang asik, makanan di Resto ini kebanyakan hanya cemilan ringan. Seperti biasa, kami memesan es jeruk kunci dan beberapa cemilan manis. Kami menghabiskan waktu sambil main UNO disini, baru pindah ke rumah makan lain untuk makan berat.
Cantik😍
Duduk-duduk santai
6. Angkringan Mas Gembul
Setelah dari Akhaula, kami memilih angkringan untuk makan malam karena biasanya 'kan angkringan bisa memilih menu dan porsi yang sesanggupnya kita makan aja. Secara random saya dan teman-teman memilih Angkringan Mas Gembul dengan alamat Jl. Gegedek, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411. Semua menu di angkringan ini sangat menggiurkan dan rasanya ingin memesan semuanya.
Gambar diambil dari Google My Business
Saya memilih ikan, kepiting rajungan kecil, dan telur puyuh. Sekalian memesan nasi uduk. Sebenarnya saya ada mengambil foto makanan yang saya pesan, tapi lupa disimpan dimana. Seingat saya sudah dipindahkan ke laptop tapi lupa laptop yang mana🤔. Nanti kalau saya ketemu fotonya, saya upload ulang deh.

7. Cemilan Lainnya
a. Mie Belitung 
Mie Belitung ini agak mirip dengan Mie Koba di Bangka menurut saya. Mie kuning yang satu ini disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo, dan taoge ini sangat khas rasanya karena tidak ada di kota lain. Saya lebih suka makan mie seperti ini untuk sarapan atau makan malam, karena kalau untuk makan siang porsinya kurang😆.
Mie Belitung
b. Pisang Goreng dan Pempek Belitung 
Sewaktu lagi menunggu tim Rancupid Travel mengunjungi Rumah Ahok, dan karena mereka masih lama, saya ngemil dulu deh. Kalian tau, rasa pisang goreng di Sumatera itu memang enak banget ya. Rasa pisangnya emang udah manis, ditambah racikan tepung crispy bikin enak banget😍. 
Pisang Goreng dan pempek
Untuk pempek, yah gimana ya. Emang udah jadi favorit saya jadi pesan 2 piring. Hahaha. Alhamdulillah kegiatan saya di Pulau ini banyak banget sehingga mau makan sebanyak apa pun tetep nggak gemuk.

Baiklah, selanjutnya saya akan bercerita tentang Trip paling capek yang pernah saya lakukan yaitu eksplorasi Jawa Timur. Sampai jumpa.

0 comments:

Categories

adventure (308) Living (249) Restaurant (151) Cafe (144) Hang Out (139) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (84) Movie (73) Lifestyle (68) Jakarta (64) Aceh (53) Event (48) Islam (38) Hotel (37) China (31) Jawa Tengah (27) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Jawa Timur (18) Science (18) South Korea (18) Malaysia (17) Warung Tenda (17) Consultant (16) Technology (16) Family (15) Beach (14) Kuala Lumpur (14) Saudi Arabia (14) Semarang (14) Vietnam (14) Philippines (12) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Bali (9) Birthday (9) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Malang (9) Singapore (9) CEO (8) Medina (8) Myanmar (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Cambodia (7) Jeju Island (7) Kepulauan Bangka Belitung (7) Osaka (7) Seoul (7) Wedding (7) Banjarmasin (6) Kalimantan Selatan (6) Karimun Jawa (6) Laos (6) Luang Prabang (6) Makassar (6) Surabaya (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Mecca (5) Pulau Derawan (5) Sukabumi (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Bangka (4) Belitung (4) Busan (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) OMDC (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) Siem Reap (4) Yangon (4) giveaway (4) Aceh Barat (3) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Entrepreneur (3) Ho Chi Minh (3) Jeddah (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) Aceh Jaya (2) BBLive (2) Bago (2) Banyuwangi (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Banda Aceh (1) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Kyaiktiyo Pagoda (1) Nagan Raya (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Takengon (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)