Desember 20, 2017

Rahang Berbunyi 'Klik'

Seperti biasa, saya akan mengupdate hasil kontrol gigi saya selama menggunakan behel. Sebelum ke dokter gigi, saya sempat makan steak dulu dan membuat rahang beserta gigi saya lelah banget. Kenapa saya malah lupa kalau sedang nggak boleh makan segala jenis makanan keras. Memang sih steak nggak keras untuk gigi normal. Tapi untuk gigi berbehel seperti saya? Duh, cari perkara.

Kali ini saya datang ke dokter gigi juga dengan keluhan rahang berbunyi 'klik'. Semenjak pakai behel di bagian gigi bawah, suara 'klik'nya lebih sering terdengar dan agak susah memposisikan rahang atas dengan rahang bawah. Awalnya nggak mau ngaku sama dokter dan membiarkan suara 'klik' itu ada terus karena memang nggak terlalu mengganggu. Nggak sakit juga sih, cuma agak susah buka mulut aja. Tapi akhirnya saya bilang juga ke dokter tentang bunyi 'klik' itu. Dokter langsung menekan sendi dibawah telinga dan menyuruh saya membuka-menutup mulut berkali-kali sampai menemukan posisi yang pas. Setelah itu baru deh saya diceramahi. Beberapa hasil ceramah dari dokter ada yang saya ambil dari website lain supaya informasinya lengkap.

Sebenarnya saya memang menderita kelainan pada sendi rahang atau Temporo-Mandibular Disorder (TMD). TMD timbul sebagai akibat adanya masalah pada rahang, sendi rahang, dan otot-otot wajah di sekitarnya yang mengontrol pengunyahan dan pergerakan rahang. Beberapa macam gejala yang sering muncul yang berhubungan dengan TMD yang saya rasakan antara lain:

-    Clicking 
Clicking adalah gejala TMD yang paling banyak dijumpai. Clicking dapat terjadi saat membuka atau menutup mulut. Suara ini bisa hanya didengar atau dirasakan oleh penderita, tetapi bila suara klik yang terjadi cukup keras bisa sampai didengar oleh orang lain. Penderita sering menggambarkan suara ini seperti suara letupan (popping) atau klik. Ada pula yang menggambarkannya seperti suara geratan atau gesekan (grating). Gejala clicking, popping, atau grating ini bisa disertai atau tanpa disertai rasa sakit. Kemarin dokter sampai ngilu sendiri mendengar suara 'klik' di rahang saya. 

-   Locking
Locking (rahang terkunci) juga merupakan gejala yang banyak terjadi pada penderita TMD. Locking biasanya terjadi saat rahang bawah bergerak ke bawah dan bisa terasa sakit sekali. Alhamdulillah saya nggak sampai kena Locking.

-    Keterbatasan gerakan rahang.
Biasanya rahang hanya bisa membuka sedikit dibandingkan dengan bukaan normal. Agak susah kalau mau makan burger dan memang sekarang udah nggak boleh buka mulut lebar-lebar lagi

-    Perubahan pada gigitan.
Penderita mungkin mengalami kesulitan mengunyah atau saat menggigit tiba-tiba terasa tidak enak, seolah-olah gigitan antara gigi atas dan bawah tidak pas. Salah satu penangannya adalah dengan menggunakan behel

Saran dokter untuk kasus 'Klik' pada rahang ini pada saya (setiap orang kasusnya berbeda-beda ya):

  1. Kompres hangat atau dingin. Kompres sisi wajah yang sakit dan daerah pelipis selama kurang lebih 10 menit dengan bungkusan es. Lakukan latihan peregangan rahang. Setelah latihan, kompres pada sisi wajah yang sakit dengan handuk hangat selama kurang lebih 5 menit. Lakukanlah selama beberapa kali dalam 1 hari.  
  2. Diusahakan kalau mengunyah harus kiri dan kanan secara bergantian. Ini agak susah untuk mengubah kebiasaan. Saya nggak sadar juga sih kalau makanan masuk ke mulut mengunyah dibagian mana😶.
  3. Hindari makan makanan yang keras dan renyah (misalnya kerupuk, wortel mentah), makanan yang lengket (misalnya karamel), dan makanan yang bentuknya tebal dan besar yang membuat mulut harus membuka lebar untuk melahapnya seperti burger😢. Duh, padahal suka banget sama burger.
  4. Disarankan makan makanan yang lunak dan dipotong kecil untuk mengurangi frekuensi pengunyahan.
  5. Hindari pergerakan rahang yang berlebihan, misalnya menguap terlalu lebar atau mengunyah permen karet.

Kawat gigi saya dicek seperti biasa oleh dokter. Dari kondisi kawat yang keriting, saya sampai takut diomelin dokter karena terlalu sering makan makanan keras. Struktur karet behel di gigi seri atas pun sekarang udah berbeda lagi. Pemasangan karet sangat mengerikan karena terasa dokter sedang mengerjakan sesuatu di gigi saya. Rasanya gigi jadi nyeri juga bahkan sampai saya menulis blog ini gigi seri atas masih sakit. Seolah-olah mau dinaikin keatas dengan cara paksa. Minum air mineral aja nyeri banget, duh😭😭😭! Kalau bukan karena demi Perfect Smile 2018, saya sudah lelah dengan kengiluan dan kengerian dalam proses kawat-kawatan gigi. Ya Allah, semoga cepat kelar.
Struktur karet behel beda lagi
Saya menulis blog ini tengah malam (jam 1 pagi). Tadinya saya tidur jam 7.40 setelah shalat Isya, lalu kebangun jam 12. Hari ini saya akan pulang ke Aceh dengan pesawat pukul 5.25 pagi😩. Biasanya saya bablas nggak tidur lagi tapi sesampai di Aceh pasti saya sakit. Berhubung banyak yang harus dilakukan di Banda Aceh, jadi saya memutuskan untuk tidur dan alhamdulillah bisa langsung ketiduran tanpa drama sakit gigi setelah kontrol behel.

Kontrol Saphire Braces Rp. 200,000
Administrasi Rp. 15,000

Doakan saya selamat sampai Banda Aceh. Amin!

Sumber:
Reactions:

1 comments:

mila mengatakan...

semoga drama behel cepat usai.

Follow me

My Trip

Label

adventure (339) Living (261) Restaurant (152) Cafe (144) Hang Out (141) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (84) Movie (73) Lifestyle (68) Jakarta (64) Aceh (53) Event (48) Hotel (39) Islam (38) China (31) Jawa Tengah (27) South Korea (26) Jawa Timur (23) New Zealand (23) Saudi Arabia (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) Malaysia (17) Warung Tenda (17) Consultant (16) Technology (16) Family (15) Jeju Island (15) Beach (14) Kuala Lumpur (14) Medina (14) Semarang (14) Vietnam (14) Philippines (12) Birthday (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Malang (11) OMDC (11) Bali (10) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Mecca (9) Singapore (9) CEO (8) India (8) Myanmar (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) UTM (8) Cambodia (7) Entrepreneur (7) Kepulauan Bangka Belitung (7) Khasmir (7) Osaka (7) Seoul (7) Wedding (7) Banjarmasin (6) Kalimantan Selatan (6) Karimun Jawa (6) Laos (6) Luang Prabang (6) Makassar (6) Surabaya (6) Auckland (5) Bangkok (5) Banyuwangi (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Jeddah (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Sukabumi (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Bangka (4) Belitung (4) Busan (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Probolinggo (4) Queenstown (4) Siem Reap (4) Yangon (4) giveaway (4) Aceh Barat (3) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) Aceh Jaya (2) BBLive (2) Bago (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Srinagar (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Banda Aceh (1) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Gulmarg (1) Himalaya (1) Jaipur (1) Kyaiktiyo Pagoda (1) Nagan Raya (1) New Delhi (1) Nihn Bihn (1) Pahalgam (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Sonamarg (1) Takengon (1) Taupo (1) Turkey (1) United Arab Emirates (1) Vampire Diaries (1) Yousmarg (1)