Januari 20, 2018

Happy Birthday Rancupid

Tanggal 11 Januari 2018 kemarin, alhamdulillah perusahaan kecil saya berulang tahun untuk pertama kalinya🎉🎊. Saya sempat lupa tanggal persisnya perusahaan berdiri sampai harus buka dulu SK KEMENKUMHAM agar tanggalnya nggak salah lagi. Nggak terasa, perasaan baru kemarin hujan-hujanan ngurusin pendirian perusahaan di Aceh sampai basah kuyup, eh udah setahun berlalu sejak hari itu. Sebenarnya sebagai business name, Rancupid sudah ada sejak 2012 (berarti umurnya udah 6 tahun). Cuma saya lupa tanggal berapa persisnya. Lagian semua orang bisa menciptakan business name, tapi nggak semua bisa membuka perusahaan.
Happiest Birthday
Kalau diibaratkan dengan manusia, perusahaan saya masih bayi. Biasanya bayi berusia satu tahun baru mulai bisa jalan, manggil 'Mama', dan lagi lucu-lucunya. Mungkin agak mirip dengan perusahaan dimana pada 6 bulan pertama kita mengeluarkan segenap tenaga untuk menjaganya, mengevaluasinya, dan memikirkan masa depannya. Mana perusahaan kere banget pada masa itu. Hanya keyakinan di hati kalau perusahaan ini sudah saya doakan dari tempat paling mulia untuk berdoa yaitu Masjidil-Haram dan Masjid Nabawi, jadi saya tetap berusaha mati-matian untuk menjalankannya dengan sabar. Apa pun konsekuensinya, saya tetap berikhtiar dan berdoa agar Allah melimpahkan rahmat dan rezeki pada perusahaan saya. Alhamdulillah, Allah mendengar doa saya dan memberikan jalan untuk keluar dari krisis. Seolah-seolah semua usaha dan kesabaran selama ini berbuah manis😊.

Karena sempat pulang ke Aceh tahun baru kemarin, maka kantor saya mengundur acara perayaan ulang tahun sampai tanggal 17 Januari 2018, karena kalau tetap diadakan tanggal 11 Januari terlalu buru-buru. Konsep ulang tahun kali ini sama seperti bagaimana kita merayakan ulang tahun anak 1 tahun yaitu memenuhi ruangan dengan dekorasi balon-balon dan rumbai. Berhubung kantor yang saya sewa juga baru satu ruang kecil, karyawan tetap baru 8 orang, jadi perayaannya mau kecil-kecilan aja. Yang penting semua karyawan ikut berpartisipasi, 'ngedekor ruangan bareng, bagi-bagi tugas, memilih makanan, memompa balon, dan berfoto (ini yang wajib).

Ketika pembagian tugas, saya kebagian tugas belanja (sengaja saya membagi tugas ini ke diri sendiri karena ini yang paling menyenangkan). Wah, senang banget deh milih-milih barang warna-warni untuk dekorasi ruangan di Tokopedia, dan keluar-masuk toko kue untuk beli peralatan makan. Awalnya sempat mikir, gimana cara bawa barang belanjaan pernak-pernik dekorasi dari Depok? Apalagi saya kan naik kereta. Baru teringat kalau sekarang era-nya digital, jadi semua tinggal beli online dan biarkanlah kurir mengirimkannya pada kita. Tinggal duduk manis menunggu, sekalian mempersiapkan energi untuk mendekor.

Berikut rincian pembagian tugas:
1. Meutia : Belanja pernak-pernik 🎉🎉
2. Kakros : Beli kue ulang tahun🎂
3. Khanti : Seksi konsumsi. Pesan makan siang, kue, dan beli minuman🍜🍰🍷.
4. Rezki : Pompa balon🎈.
5. Laili : Nempelin balon dan rumbai ke atap🎈🎊.
6. Afri : Dekorasi🎪
7. Dana : MC🎤
8. Puput : Lagi sakit, cepat sembuh ya 💝

Sebenarnya semua orang turut membantu dalam dekorasi karena seru banget ngedekor sendiri. Pernak-pernik dekorasi juga udah datang dari hari Kamis. Masih menahan-nahan untuk nggak pasang dulu dekornya, tapi akhirnya hari Jumat udah nggak tahan lagi. Kami pasang deh rumbai-rumbai duluan hanya untuk menyenangkan hawa nafsu untuk mendekor yang sudah sangat besar. Ternyata pakai double tip nggak kuat untuk menahan rumbai di wallpaper ruangan, jadilah semua rumbai yang sudah terpasang jatuh. OMG😱! Senin ngantor lagi, kita lem ulang rumbai pakai lem balon dan dipasangin lagi ke dinding. Sekalian mulai memompa balon karena nanti kita memang harus menempel 100 balon🎈🎈🎈 ke atap ruangan. Yang paling menyebalkan kalau ~🎶meletus balon hijau, DORRRR💥💥💥💥! Hatiku sangat kacau🎵~~~. Duh, disitu kekuatan jantung diuji. Mana jendela kantor sampai bergetarrrr, untung nggak ditegur oleh management building.

Selasa saya nggak ngantor karena harus ke OMDC dan ZAP. Orang kantor bilang kalau semua balon huruf dan setengah rumbai copot lagi😱. Akhirnya Dana mencari double tip untuk lem mobil sebagai usaha terakhir kami dalam tempel-menempel.Semoga nggak copot lagi lemnya.

Hari H tanggal 17 Januari 2018, saya datang agak telat dari Depok. Teman-teman udah nge-Whatsapp kalau beberapa balon huruf jatuh dan rumbai ada yang robek😯. Langsung agak panik, tapi akhirnya bisa ditempel lagi. Sesampai saya di kantor, udah banyak teman yang datang dan mereka lagi menata ruangan agar terlihat lebih lega. Kursi-kursi dikeluarin dan meja diatur ke pojokan. Untung kami jadi beli 2 taplak meja plastik sehingga kombinasi rumbai di dinding, balon di atap, dan taplak meja lucu membuat ruangan terlihat lebih cantik. Karena ada dua meja, jadi diatur meja 1 untuk minuman, meja 2 untuk makanan. Jangan lupa semua karyawan diwajibkan untuk membawa kado karena nanti ada acara tukeran kado.
Meja Minuman
Saya datang membawa lampu spiral 32 Watt yang paling terang se-antero pasar (kata abangnya), lalu dipasang di tengah ruangan. Sengaja beli lampu terang supaya nanti ketika sesi foto jadi bagus😎. Di kiri dan kanan kami pasang extension lampu, agar cahaya bisa lebih berpendar keluar. Lampu yang kurang terang udah lama jadi masalah di kantor kita, cuma kalau datang ke kantor lupa terus mau beli lampu. Mumpung ada acara, supaya berfoto hasilnya lebih maksimal, jadi semua lampu dibenerin. Alhasil ruangan kita udah seperti studio foto saking terangnya.
Berfoto di ruangan yang sudah terang
Sekitar jam 11 siang, Khanti agak panik karena semua makanan belum datang. Selidik punya selidik, ternyata kurir makanan ada yang nyasar😄. Kakros juga akhirnya datang dengan membawa kue ulang tahun. Selang beberapa saat setelah Kakros, semua kue yang dipesan termasuk nasi liwet di tampah juga datang. Meja makan kita langsung penuh dengan berbagai macam makanan. Saya membantu Kakros memasang lilin dan menyusun kue-kue ke piring susun. Seketika nuansa ulang tahun terasa. Duh, nggak sabar pengen langsung memulai acara, tapi Satrio belum datang. Jadi harus nge-Whatsapp dia ulang untuk nanyain posisi dia sekarang dimana.
Lilin dipasang
Pukul 12 teng dan perut sudah lapar, kami memulai acara yang dipandu oleh Dana. Pertama-tama saya memberikan kata sambutan. Saya bercerita tentang sejarah Rancupid sejak awal berdiri sebagai business name, sampai menjadi sebuah perusahaan, termasuk bagaimana awalnya saya bekerja sama dengan Kakros dan Khanti. Agak grogi juga berbicara dihadapan karyawan yang cuma beberapa orang. Kayaknya harus dibiasakan public speaking nih supaya nggak grogi lagi. Saya berbicara sekitar 15 menit, lalu dilanjutkan oleh Kakros. Kakros nggak terlalu lama ngomongnya, hanya menambahkan apa yang saya katakan dan dia juga bercerita bagaimana awalnya dia gabung ke Rancupid. Setelah Kakros, kemudian Khanti yang bicara. Kebanyakan kata sambutan Khanti berupa ucapan terima kasih kepada semua tim yang selama ini sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu jalannya perusahaan. Selanjutnya Rezki (kebetulan fotonya nggak ada, hanya video saja) memberikan ucapan terima kasih juga.
Acara dibuka oleh Dana
Kata sambutan oleh saya
Kata sambutan oleh Kakros
Kata sambutan oleh Khanti
Setelah semuanya selesai memberikan kata sambutan yang cuma beberapa menit saja, kami menuju acara puncak yaitu tiup lilin. Lilin dinyalakan oleh Rezki dan Dana, kemudian saya memegang kue ulang tahun. Kami semua menatap kamera untuk pose rapi terlebih dahulu, baru kemudian semua berpose seolah-olah meniup lilin. Berhubung ini ulang tahun perusahaan, jadi menitup lilinnya harus bareng. 
Menyalakan lilin
Warna-warni sekali
Pose rapi pake action camera
Pose rapi pake kamera SLR
Tiup lilin pake kamera SLR
Tiup lilin pake Action Camera
Acara selanjutnya seharusnya adalah main game. Karena udah laper berat, main gamenya nanti aja. Lebih baik makan siang terlebih dahulu untuk mengisi tenaga main game. Kami langsung menyerbu tampah makanan yang berisi makanan super duper banyak. Nasinya aja banyak banget sampai saya hampir nggak sanggup menghabiskannya. Belum lagi lauk pauk yang berbagai macam ragam yang menggugah selera. Jadi mau ngambil semua lauknya tapi takut nggak sanggup dimakan semua. Ditambah pencuci mulut makan kue ulang tahun lagi. Kenyang banget deh pokoknya.
Mari makannn!!
Makan-makan
Memotong cake
Cake dengan topping avocado yang enyakkkkkk😍
Serius menikmati kue
Selesai makan, kami shalat Zuhur dulu, baru deh bermain game tebak kata. Kami dipecah menjadi kelompok 1, 2, dan 3. Masing-masing kelompok disuruh berkontribusi memberikan kata untuk ditebak kelompok lain yang susahnya minta ampun. Awalnya kelompok saya masih baik hati, memberikan kata-kata yang wajar. Tapi karena kelompok lain memberikan kata-kata super aneh seperti 'kecoa kayang", "beruang nungging", dan hal aneh lainnya yang mungkin nggak akan ketebak, permainan mulai kacau dan kita jadi ketawa melulu. Padahal sehari sebelumnya saya baru dari dokter gigi dan nggak boleh ketawa ngakak dulu. Jadilah lecet-lecet dinding mulut saya sampai sakit banget dan bibir kembung. Duh berubah jelek langsung, hahaha😝.
Nyinyirin game, hahaha (heran kenapa saya monyong begitu😂)
Karena ada meeting jam 3, akhirnya kami menyudahi permainan game dan menutup acara dengan tukeran kado. Semua nomor kado diundi, kemudian dikocok. Baru kami masing-masing mengambil satu nomor agar tidak ada yang mengambil kado milik sendiri. Alhamdulillah saya dapat passport case dari Kakros, sedangkan kado saya berupa jam weker didapatkan oleh Khanti. Selesai tukeran kado, kami rapat sejenak, baru balik lagi ke ruangan sekitar jam 4 sore untuk shalat Ashar dan beres-beres. Sebenarnya setelah meeting jadi lapar lagi karena otak berpikir keras. Jadi pada menyerbu kue-kue lagi untuk mengisi perut. Teman-teman sampai heran kenapa saya makan melulu😝. Enak-enak sih makanannya.
Tukeran kado
Foto bersama kado
Karena biasanya makanan pasti bersisa setiap selesai acara, jadi saya udah mempersiapkan kotak dan plastik untuk membawa pulang makanan. Banyak banget makanan masih bersisa apalagi kue-kue. Saya bertugas membungkus kue-kue di kotak, sedangkan teman-teman lainnya membungkus lauk-pauk yang masih ada, lalu didistribusikan oleh Laili ke orang-orang gedung seperti office boy, resepsionis, dan security. Setelah itu masing-masing karyawan saya tanyain mau bawa pulang apa aja, baru saya bungkusin satu demi satu. Alhamdulillah semua makanan habis dan nggak bersisa, taplak meja bisa langsung dibuka dan dibuang, sampah-sampah juga bisa langsung dibersihkan, sehingga kami meninggalkan kantor tidak dalam kondisi amburadul. Tinggal hiasan dinding seperti rumbai dan balon yang belum dibuang karena kasihan juga masih bagus.

Phiuff alhamdulillah selesai juga acara kita. Kalau harus dibandingkan dengan pertama-tama sewa kantor, slhamdulillah sekarang lampu sudah lebih terang, insya Allah internet sudah kencang banget juga, dan peralatan kantor (gunting, kertas, cutter, steples, dan lainnya) sudah lebih lengkap. Semoga ke depannya Rancupid lebih maju, terus diberkahi dan dicukupkan rezekinya oleh Allah, karyawan tetap solid, selalu diberikan jalan keluar oleh Allah untuk semua permasalahan yang ada, aminnn.

Setelah shalat magrib saya pulang dan sampai rumah kayaknya terasa capek banget😩. Padahal di kantor cuma hura-hura doang, ke stasiun Tebet juga nebeng, tapi di kereta aja udah terasa encok. Habis mandi, langsung nggak kuat ngapa-ngapain lagi, jadi langsung tidur deh. Alhamdulillah hari ini sangat menyenangkan.

Reactions:

0 comments:

Google+ Followers

Follow me

My Trip

Label

adventure (323) Living (258) Restaurant (151) Cafe (144) Hang Out (139) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (84) Movie (73) Lifestyle (68) Jakarta (64) Aceh (53) Event (48) Islam (38) Hotel (37) China (31) Jawa Tengah (27) Jawa Timur (23) New Zealand (23) Saudi Arabia (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Malaysia (17) Warung Tenda (17) Consultant (16) Technology (16) Family (15) Beach (14) Kuala Lumpur (14) Medina (14) Semarang (14) Vietnam (14) Philippines (12) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Malang (11) Bali (10) Birthday (10) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Mecca (9) OMDC (9) Singapore (9) CEO (8) Myanmar (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) UTM (8) Cambodia (7) Entrepreneur (7) Jeju Island (7) Kepulauan Bangka Belitung (7) Osaka (7) Seoul (7) Wedding (7) Banjarmasin (6) Kalimantan Selatan (6) Karimun Jawa (6) Laos (6) Luang Prabang (6) Makassar (6) Surabaya (6) Auckland (5) Bangkok (5) Banyuwangi (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Jeddah (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Sukabumi (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Bangka (4) Belitung (4) Busan (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Probolinggo (4) Queenstown (4) Siem Reap (4) Yangon (4) giveaway (4) Aceh Barat (3) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) Aceh Jaya (2) BBLive (2) Bago (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Banda Aceh (1) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) India (1) Kyaiktiyo Pagoda (1) Nagan Raya (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Takengon (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)