Mei 31, 2018

Ifthar dan Syukuran Kantor Baru Rancupid

Postingan tentang jalan-jalan di Turki saya pause dulu karena kemarin perusahaan saya PT. Rancupid Citra Indonesia / Rancupid Group mengadakan buka puasa bersama (Ifthar) sekaligus syukuran kantor baru. Alhamdulillah akhirnya bisa pindah setelah bertahan di ruangan 3.5 x 3.5 meter di Le Green Suite & Office Setiabudi. Dulu sewaktu sewa kantor pertama kali, karyawan masih 6 orang termasuk saya. Lalu rekrut lagi karyawan baru, trus ada yang resign, rekrut lagi beberapa orang, dan jadilah kantor terasa sangat penuh. Belum lagi terkadang satu orang harus membuka satu sampai tiga laptop. Meja jadi semakin sempit ditambah banyaknya orang di dalam ruangan. Kalau ada tamu, harus khusus menjadwalkan hari apa dimana karyawan nggak semuanya masuk.
Ifthar
Sebelum saya ke Turki, wacana tentang pindah kantor sudah ada. Hanya saja, saya masih menimbang-nimbang harga sewa kantor yang semakin tahun bertambah mahal dan perusahaan saya belum punya duit yang banyak. Terus berdoa sampai akhirnya rezeki dari Allah datang, Khanti bilang abangnya mau pindah dari kantor yang ada di Tebet dan kami bisa take over kontrak kantor tersebut. Harganya juga masih masuk ke budget Rancupid. Tanpa mengulur waktu, saya bersama Khanti langsung meninjau lokasi dan melihat isi dalam kantor. Waktu itu kantor masih kotor karena sudah lama tidak berpenghuni, baunya agak apek, dan lampu remang-remang. Untung AC dan internet sudah tersedia, jadi kita bisa pindah.
Sebelum
Akhirnya saya, Khanti, dan Kakroz mengambil keputusan untuk pindah dalam bulan Mei sebelum puasa. Dikhawatirkan kalau bulan Ramadhan nanti pindah-pindah barang, karyawan saya yang berpuasa malah jadi cepat kecapekan. Karena saya juga sudah ada jadwal ke Bali-Lombok, maka saya juga harus buru-buru membereskan kantor sebelum berangkat dan sebelum Ramadhan. Sehari sebelum ke Bali, saya dan tim Rancupid membereskan beberapa barang, lalu membawanya ke kantor baru yang pada saat itu kondisinya masih agak mengerikan. Setelah menaruh barang, kami pesan meja dan kuris di Rajakantor, baru bisa pulang.

Sewaktu saya masih di Lombok, para karyawan mulai memindahkan barang dari kantor di Le Green sampai habis semuanya ke kantor baru di Tebet. Mereka sementara berkerja di lantai satu terlebih dahulu karena lantai 2 belum dipasang AC. Untung kami punya lampu terang banget di Le Green dan dibawa ke kantor baru sehingga lebih enak bekerja karena nggak remang-remang. Besoknya saya datang, barulah saya panggil tukang, belanja di Pasar Tebet bersama Kakros untuk keperluan kantor, panggil tukang AC, tukang listrik, tukang pipa, pokoknya segala jenis tukang datang dan berkumpul di kantor baru. Sebenarnya pada hari itu kantor baru menurut saya belum layak untuk ditempati. Tapi kalau kita nggak pindah duluan, kita jadi nggak tau apa masalah yang ada di kantor. Mana waktu itu belum ada Office Boy (OB). Dapur sampai ke kamar mandi becek dan kotor minta ampun😖. Cukup menguras hati.

Keesokan harinya sudah ada OB, sehingga kantor lumayan bersih. Yang jadi masalah adalah AC diatas malah nggak dingin dan meja dari Rajakantor belum bisa diantar. Padahal AC baru, tukang yang pasang malah nggak ngerti dimana kerusakannya. Bahkan udah panggil teknisi dari Daikin-nya sendiri, sama juga AC tetap nggak mau dingin. Udah manggil tukang di semua aplikasi online, malah menambah permasalahan. Kalau bukan karena tukangnya nge-cancel pekerjaan padahal udah di tunggu-tunggu seharian, tukang juga kadang suka sok tau tentang AC dan listrik yang ternyata salah semua analisa mereka. 

Permasalahan kedua yaitu meja kantor. Marketing meja dan kursi kantor untuk perusahaan nggak masuk karena sakit dan nggak mengabarkan ke kantor kalau Rancupid pesan barang apa aja. Jadi telat pengiriman barangnya. Setelah ditelepon berkali-kali, baru barang datang tapi belum dipasang. Jadi nunggu berhari-hari lagi supaya tukang pasang meja datang. Udah tukang meja datang, eh dia nggak kelar pasang lemari. Huff, nunggu lagi beberapa hari untuk pasang lemari. Kebayang betapa capeknya hati dan pikiran saya dan Khanti ketika harus mengurusi hal seperti ini😵😵😵.

Karena bulan Ramadhan, saya harus menahan diri. Kalau nggak, bisa ngamuk-ngamuk deh ke semua tukang-tukang😖. Subhanallah banyaknya hal yang membuat saya menarik napas dalam. Untung akhirnya OB saya bilang kalau beliau punya teman tukang listrik yang memang kerja di perusahaan listrik. Temennya datang, permasalahan AC selesai, semua colokan pun terpasang dengan rapi. Meja dan kursi pun demikian. Akhirnya tukang pasang meja datang lagi untuk terakhir kali dan membereskan semua meja, kursi, dan lemari. Kalau nggak beres sih saya nggak akan bayar. Alhamdulillah semua beres, jadilah kita bisa bekerja di lantai dua. 

Selama pindah ke kantor baru, yang paling lelah hayati mungkin adalah saya dan Khanti, berhubung Kakros sedang hamil tua. Pesan tukang ini itu, telepon sana-sini, datang ke kantor tiap hari, sekaligus belanja perabotan kantor baru selalu berdua dengan Khanti. Walaupun capek setengah mati, tapi seru banget. Kita berdua jadi selalu mikirin yang belum ada di kantor apa ya? Kalau kita beli ini 'gimana ya? Beli itu 'gimana ya? Mau ditaruh dimana ya? Pokoknya agar semua karyawan nyaman bekerja dan kantor jadi keren. Kita mungkin memang mendambakan sebuah kantor yang berkonsep smart-homy dengan budget yang sedikit, hihihi. Makanya di kantor sampai ada kompor, microwave, kulkas, seperti di rumah. Untung nggak beli mesin cuci sekalian😂.
Akhirnya nyaman😍
Puncak kelelahan dan kesenangan berada di acara Ifthar. Sejak tahun lalu sebelum ada kantor pun Rancupid memang selalu mengadakan acara buka puasa bersama agar mempererat persahabat diantara para karyawan. Awalnya mau mengadakan di salah satu resto di Mall supaya nggak capek urus ini itu. Tapi setelah berpikir kalau di Mall shalat susah, harus nge-tag tempat dari jam 5 sore, belum lagi harga makanannya mahal. Jadilah kami memutuskan untuk mengadakan acara buka puasa di kantor aja sekalian syukuran karena kantor udah enak untuk bekerja, udah nyaman, juga udah seperti yang kita mau. Saya juga ingin mengundang beberapa teman dekat untuk datang ke kantor sekaligus ikut mendoakan agar kantor baru penuh berkah. Khanti bilang, Mamanya bisa masakin untuk acara Ifthar sehingga kita nggak perlu repot-repot mikirin catering lagi.
Musholla kantor
Mulailah Khanti menyusun menu dan saya mengurusi undangan. Agak bingung juga mengundang orang karena kadang ada yang mau datang tapi nggak jadi, ada juga yang bilang nggak datang tapi datang😅. Yang bikin bertambah bingung adalah memastikan makanan cukup. Udah seperti acara nikahan aja deh. Saya mengundang 50 orang dan untuk menyiasati makanan kurang, kami memperbanyak makanan berbuka yang manis-manis (takjil), sehingga nanti makan malamnya bisa kebagian semua, hihihihi. Tidak lupa salah satu karyawan saya bernama Restu kami latih untuk menjadi MC yang seru pada hari H nanti.
Restu sedang gladi resik
Sebelum acara dimulai, seperti biasa kantor saya weekly meeting terlebih dahulu dan pukul 9.30 sampai 12.30 dipimpin oleh saya sendiri karena Khanti sedang mengurus konsumsi dan Kakros sakit demam (semoga cepat sembuh ya Kakros). Setelah Zuhur, Khanti datang membawa makanan, baru kami mengeluarkan sebagian meja kerja agar ruangan terasa lebih luas, lalu menggelar karpet. Kue-kue ditaruh ke piring, kolak dimasukkan ke mangkuk, dan es jagung dituangkan ke cangkir. Kami memutuskan hanya mempergunakan lantai satu untuk menyambut tamu yang hadir karena ACnya lebih dingin dan lantai dua dikhususkan untuk ruang shalat.
Tamu mulai berdatangan
Kemarin banyak banget teman-teman saya terkena macet pada sore itu sampai mereka telat datang berbuka puasa di kantor. Sebenarnya acara dimulai jam 5.30 sore tapi karena masih sedikit yang datang, kita undur sampai setelah Magrib. Setelah semuanya berbuka dan shalat Magrib, maka Restu selaku MC membuka acara. Dengan gayanya yang agak slengek'an dan sok asik, dia bisa menghidupkan acara sampai membuat semua tamu tertawa ngakak😂😂😂. Saya dan Khanti juga ikut memberikan kata sambutan yang intinya minta doa teman-teman untuk kebaikan Rancupid. Oh ya, Restu selaku MC juga melemparkan banyak pertanyaan aneh pada acara bagi-bagi hadiah dimana jawaban pertanyaannya kadang hanya dia yang tau😅. Sejauh ini, dia berhasil membuat acara nggak garing dan seru🎉🎉🎉. Acara kemudian ditutup dengan foto bareng dan makan malam bersama.
Restu sedang membawakan acara
Mulai grogi dia
Saya memberikan kata sambutan
Acara tebak-tebakan bagi-bagi hadiah
Masakan Mama Khanti enakkk 😍
Setelah makan, satu persatu tamu pamitan pulang. Para karyawan kemudian memasukkan kembali meja kerja dan merapikan ruangan. Karpet dilipat, piring dicuci, lalu dimasukkan ke mobil Khanti. Saya selalu menjadi seksi bungkus makanan untuk dibawa pulang agar tidak tersisa. Sayangnya plastik kurang, jagi agak susah untuk bungkus-bungkus. Saya mengusahakan agar seluruh karyawan kebagian makanan untuk sahur. Kasihan banyak anak kos. Jadi mereka tidak repot-repot lagi untuk masak.
Gaya bebas
Alhamdulillah semua berakhir sangat baik, kantor rapi, acara syukuran kelar, rasanya bisa bernapas dengan lega. Doa saya agar Allah tetap melimpahkan rizki kepada Rancupid, menjaga dari kemaksiatan, memberikan rahmat, memperluas ilmu, dan semoga seluruh karyawannya adalah orang baik, shaleh, dan shalihah. Aminn ya Rabb.
Reactions:

1 comments:

MiawGuk mengatakan...

Ammiinn :)

Follow me

My Trip