Juli 29, 2018

Istanbul and Tulip

Tujuan utama berlibur ke Turki pada bulan April adalah untuk menikmati bunga tulip. Sama seperti ketika dulu saya ke Jepang di akhir bulan Maret karena ingin melihat bunga Sakura. Tulip memang terkenal di Belanda, tetapi sebenarnya bunga cantik berwarna-warni ini berasal dari negara Sultan Ahmed. Berhubung di negara kita nggak ada bunga tulip, jadi saya lumayan niat untuk menjadwalkan trip ke Turki di bulan April. Apalagi Festival Tulip terbesar di Turki juga berlangsung di bulan April. Kebayang betapa indahnya.

Sebenarnya setiap sudut kota Istanbul dihiasi dengan keindahan bunga Tulip. Hanya saja di postingan kali ini saya akan menuliskan tiga tempat yang saya kunjungi yang dipenuhi bunga tulip 🌷🌷🌷yang sungguh sangat indah. Penasaran? Mari disimak!

Taksim Square
Sebelum melakukan perjalanan ke suatu tempat, biasanya saya akan googling dulu tempat-tempat terbaik untuk melihat suatu atraksi. Banyak review di Tripadvisor menuliskan Taksim Square termasuk tempat yang dihiasi banyak bunga Tulip. Sepulang dari berlayar di Selat Bosphorus, tur guide bertanya pada kita mau turun dimana dan saya menjawab Taksim Square. Walaupun belum tau apakah jarak Taksim Square ke Hotel jauh apa dekat, tapi saya dan keluarga pede aja mau ke Taksim.
Tulip di Taksim Square
Taksim Square terletak di Beyoğlu di bagian Eropa Istanbul, dan dianggap sebagai jantung Istanbul modern, dengan stasiun pusat jaringan Metro Istanbul. Taksim Square juga merupakan lokasi Monumen Republik (bahasa Turki: Cumhuriyet Anıtı) yang dibuat oleh Pietro Canonica dan diresmikan pada tahun 1928. Monumen ini dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-5 yayasan Republik Turki pada tahun 1923, setelah Perang Kemerdekaan.
Pose keluarga
Kami diturunkan oleh mobil tur di sebuah jalan yang agak besar, lalu tur guide memberikan arahan belok kiri-kanannya baru deh sampai ke Taksim Square. Sepertinya bus tur nggak melewati jalan Taksim Square, sehingga kami harus melanjutkan sendiri jalan kaki dengan jarak tempuh mungkin hanya 10 menit sambil melihat pemandangan kota. Sesampai di Taksim, kalian akan melihat petakan-petakan besar berisi bunga tulip yang sedang mekar beraneka warna. Subhanallah indahnya😍😍😍. Saya kegirangan, seolah-olah ingin menari diantara bunga tulip yang cantik saking indahnya.
Pose dulu
Saya dan keluarga berfoto disetiap sudut petakan bunga tulip. Apalagi kamera Willy yang canggih bisa mengambil gambar dengan bagus dari sisi pencahayaan dan warna. Saya jadi mengikuti kemana pun Willy pergi supaya bisa minta difotoin, hihihi😚😚😚.
Mama juga difotoin
Monumen Republik
Terlepas dari keindahannya, banyak juga bunga-bunga yang sudah layu. Bisa jadi ada pengunjung yang tidak bertanggung jawab duduk di pinggir petakan dan beberapa bunga tulip jadi ikut terduduki. Banyak juga bunga yang patah karena mungkin orang-orang menggeser bunga dengan paksa. Memang ada kalanya bunga-bunga tersebut akan diganti dengan yang baru sehingga sepanjang bulan April kita bisa melihat bunga tulip seolah mekar terus-menerus (padahal diganti dengan yang baru). Oh ya, karena Taksim Square adalah tempat terbuka dan anginnya sangat kencang, ada baiknya kalian menggunakan jaket tebal ketika mengunjungi tempat ini di bulan April kalau nggak mau kedinginan seperti kami sekeluarga😑.

Gulhane Park
Pernah suatu pagi, saya dan keluarga memutuskan untuk menyusuri jalanan kota Istanbul dengan berjalan kaki karena di Gmaps terlihat bahwa jarak dari Sahin Hotel ke Blue Mosque hanya 800 meter. Setelah kira-kira 400 meter berjalan, kami masuk ke sebuah taman indah yang penuh dengan bunga tulip🌷🌷🌷 berwarna-warni dan mekar semua. Masya Allah😍😍😍! Gülhane Park yang berarti taman "rumah bunga" adalah taman kota bersejarah di distrik Eminönü Istanbul, Turki. Lokasinya berdekatan dengan Istana Topkapı yang merupakan taman umum tertua dan terluas di Istanbul.
Pintu masuk Gulhane
Muschari Blue Bonet
Tulip merah
Gülhane diambil dari nama tempat dimana Dekrit Gülhane tahun 1839 diproklamirkan. Dekrit tersebut meluncurkan reformasi Tanzimat di Kekaisaran Ottoman, yang memodernisasi kekaisaran dan melakukan perubahan seperti penyamarataan semua warga Ottoman, tanpa memandang agama, di hadapan hukum. Proklamasi itu dibuat oleh Grand Wazir Mustafa Reşid Pasha, seorang negarawan, diplomat, dan pembaharu terkemuka di Kekaisaran.
Diantara bunga
Diantara bunga bluebonet
Gülhane Park dulunya merupakan bagian dari taman luar Istana Topkapi yang terdiri dari sebuah hutan kecil. Bagian dari taman luar direncanakan sebagai taman oleh kotamadya dan dibuka untuk umum pada tahun 1912. Taman ini sebelumnya berisi tempat rekreasi, kedai kopi, taman bermain, bahkan ada kebun binatang kecil dibuka di dalam taman. Kalian juga bisa melihat patung Atatürk di taman yang didirikan dan dipahat oleh Heinrich Krippel pada tahun 1926.
Bunga merah
Bunga-bunga
Sepertinya selama di Istanbul, Gulhane Park adalah taman favorit saya. Jenis tulipnya banyak, ditanam dengan dekorasi yang cantik, banyak pohon tinggi nan hijau, variasi bunga juga bukan hanya tulip, tetapi ada blue bonnet, pansy, dan lain sebagainya. Semua bunga-bunga tersebut saja jual di Amazon jadi kalian pada beli ya, hihihi😊. Jujur aja saya nggak menyangka kalau bunga-bunga yang saya jual bisa bermekaran indah seperti ini. Maklumlah, di negara kita nggak ada bunga tulip, jadi nggak bisa membayangkannya. Kami menghabiskan waktu hampir satu jam hanya untuk berkeliling taman dan menikmati keindahannya.
Tulip oranye
Taman bunga
Mama dan tante
Tulip Festival
Sejak awal April, setiap sudut kota Istanbul dipenuhi dengan bunga tulip yang bermekaran. Sebagai bagian dari Festival Tulip ke 13, kota ini memperkenalkan karpet tulip terbesar di dunia di Sultanahmet Square.  Luas karpet ini adalah 1.734 meter persegi yang terdiri dari 565.000 tulip dalam warna yang berbeda dan menciptakan motif karpet tradisional Turki.
Karpet tulip🌷
Berhubung pengunjung ke Sultan Ahmed Square ini sangat ramai, jadi saya lumayan kesulitan untuk mengambil gambar karpet tulip dengan pas. Paling bagus sih kalau pakai drone, jadi terlihat motifnya secara keseluruhan. Kalau mau mengambil gambar dari jembatan yang disediakan, bersiaplah untuk berdesakan dengan para wisatawan lain yang ingin berfoto.

Bunga tulip yang merupakan simbol Turki ini berasal dari Pegunungan Pamir Asia Tengah ke Anatolia dan tersebar di seluruh dunia. Bunga cantik ini dibawa ke Eropa pada pertengahan abad ke-15. Umbi Tulip dikirim ke Eropa oleh Duta Besar Austria-Hongaria di Istanbul bernama Ogier Ghislain de Busbecq, yang juga seorang ahli botani. Kota pertama di Eropa yang menjadi tempat pembudidayaan tulip adalah Wina-Austria. Setelah itu baru Belanda di mana saat ini ladang tulip menutupi sebagian besar negara.

Beberapa foto dari kamera Iphone 8 plus, Gopro 6 Black Edition, dan kamera Fujifilm Willy Sebastian (Instagram : willyarrows).

Sumber:
Reactions:

1 comments:

$cocoper6 mengatakan...

Indahnya bunga warna warni ;)

Follow me

My Trip