Agustus 29, 2018

Perawatan Gigi

Kontrol gigi kali ini agak berbeda karena saya harus melewati segala macam rangkaian perawatan terlebih dahulu. Saya datang lebih cepat dari jadwal kontrol dan tidak menunggu lama sudah dipanggil oleh dokter umum. Sebulan yang lalu, Orthodentist menyarankan untuk scalling gigi sebelum kontrol kawat gigi karena gusi dibagian bawah sudah kurang sehat. Takutnya membuat gigi saya goyang nantinya.

Sebelum melakukan scalling, Dr. Novi menunjukkan di layar kondisi gigi saya yang ternyata ada bolong di celah gigi. Mungkin ketika menyikat gigi, saya kurang detail sehingga bolongnya malah terjadi di sela gigi. Saya minta dokter untuk menambalnya sekalian, sebelum tambah besar bolongnya yang membuat saya merasakan sakit. Karena takut gigi goyang, dokter juga menyarankan untuk perawatan akar gigi. Duh, jadilah banyak yang harus dilakukan dan saya hanya pasrah saja.

Sebelum scalling, semua karet gigi saya dibuka dulu, lalu kawat giginya dilepas. Sisa sapphire-nya aja. Barulah dokter membersihkan seluruh gigi atas bawah kiri kanan sampai ke sela-sela. Jangan tanya ngilunya seperti apa😖. Bahkan pas kumur-kumur sampai berdarah. Demi perfect smile, saya pasrah saja. Sesekali mengelap air mata yang menetes😢 karena ngilu. Sewaktu perawatan akar juga ngilu banget. Ntah berapa kali saya merengek kesakitan. Kemudian dilanjutkan lagi dengan mengebor gigi yang bolong untuk ditambal. Duh, serasa ngilu ini nggak ada habis-habisnya.

Mungkin satu jam saya berada di ruang perawatan gigi. Dokter menyarankan saya untuk menggunakan sikat gigi khusus sela gigi supaya lebih bersih dan nggak bolong di sela-selanya. Nambah kerjaan menyikat gigi lagi deh. Selama menggunakan kawat gigi, saya sudah menambah waktu untuk sikat gigi biasa dan sekarang harus menambah lagi untuk menyikat sela-sela gigi😔. Setelah segala macam perawatan, saya merasa gigi-gigi saya agak aneh karena nggak pakai karet dan kawat gigi. Udah setahun nggak merasakan lega seperti ini tapi masih terasa ngilu karena scalling tadi.
Tanpa kawat dan karet gigi
Saya kemudian mengantri untuk perawatan ke Orthodentist sambil menonton Final Badminton yang serunya minta ampun😆😆😆. Baru kali ini proses mengantri terasa begitu seru karena nonton Asian Games hahaha. Alhamdulillah si Jojo menang dan saya masuk ke ruang Orthodentist dengan hati senang. Ntah cuma 5 menit perawatan di dokter spesialis karena cuma memasang karet gigi dan kawatnya saja. Gusi saya masih bengkak jadi belum bisa diapa-apain. Kata dokter sih tinggal sedikit lagi masalah gigi saya.
Pasang kawat dan karet di gigi lagi
Alhasil keluar dari klinik gigi kali ini jadi lebih percaya diri karena gigi lebih putih dan bersih. Cuma ya ngilunya itu, duhh sampai besok masih terasa.

Berikut harga perawatan gigi saya:
Kontrol Sapphire Braces Rp. 265,000
Tambal laser Rp. 349,000
Scalling Rp. 229,000
Root Planning Rp. 149,000
Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip