November 15, 2018

Connecting The Dot - Workshop ~ Part 2

Karena semalem nongkrong sampai larut, saya nggak ikutan sarapan di hotel. Adik saya Achmad sepertinya sudah turun duluan karena kasurnya 🛏️ sudah tak berpenghuni. Saya lihat jam di hp ternyata sudah pukul 7.30 pagi. Duh, rasanya masih ngantuk banget 😴 tapi harus bangun dan cuci muka. Saya lalu makan roti 🥐 hadiah tadi malam sambil menikmati pemandangan Bandung yang indah di pagi hari dari kamar hotel. Bandung memang selalu menenangkan🥰. Setelah itu sekitar jam 8 pagi saya mandi dan berkemas untuk turun ke lantai 2 tempat workshop diselenggarakan. Oh iya, hari ini kami wajib memakai kaos Connecting The Dot agar seragam.

Sewaktu saya turun, ruang seminar malah masih kosong. Karena kemarin banyak yang kesulitan melihat slide presentasi yang buram dan peserta duduk jauh dibelakang, jadinya di hari kedua semua peserta langsung saya pindahkan duduk di depan. Satu meja saya taruh 3 nama biar lebih efektif. Tadi malam juga layar proyektor sudah dipindahkan lebih ke depan supaya terlihat oleh semua orang. Biarlah para panitia saja yang duduk di belakang.
Semangat hari kedua💪
Coffee break sudah tersedia di depan ruang seminar dan saya ambil beberapa kue dan secangkir teh untuk dibawa ke dalam ruangan. Workshop dimulai tepat pukul 9 pagi dan Achmad mengisi materi presentasi pertama. Kali ini dia mengajarkan cara mendaftar produk di Manage Inventory Amazon dan para peserta dapat langsung mencoba di laptop masing-masing. Saya, Khanti, dan Satrio jalan berkeliling memantau para peserta apabila ada pertanyaan atau kesulitan dalam menambah produk. Beberapa peserta bertanya hal yang unik dan lucu seputar produk. Ada juga yang 'nyasar masuk ke Amazon Mexico 😅tapi nggak berani bertanya bagaimana pindah ke Amazon US karena takut ditertawakan😂, tapi akhirnya bertanya juga dengan wajah memelas🙁. Jujur aja saat itu saya tertawa juga😂.
Achmad mengisi materi
Setelah selesai sesi Achmad, peserta dipersilahkan untuk refill makanan ke piring yang sudah kosong😛, lalu masuk ke ruang seminar lagi. Kali ini sesi perkenalan dengan tim Rancupid dibantu oleh Mas Dzaky sebagai MC. Saya, Khanti, Achmad, dan Satrio duduk berjajar di depan untuk ditanyai satu demi satu oleh Mas Dzaky persis seperti sebuah acara talkshow. Obrolan dibuka oleh Khanti yang bercerita latar belakang bisnisnya sampai akhirnya bergabung dengan Rancupid. Setelah itu giliran saya, lalu Achmad, dan terakhir Satrio. Kita membuat acara obrolan kali ini lebih santai dengan memberikan berbagai pengalaman dari semula membuat Amazon ditahun 2015 sampai sekarang, jatuh bangun bisnis, banyak akun Amazon dan Paypal yang suspend, dan juga dari sisi mental dimana mendadak kaya dan juga mendadak miskin, hahahaha🤣🤣🤣. Begitulah pengusaha, siap kaya, siap miskin, asalkan bisa mengatur keuangan dengan baik, rajin bersedekah, dan berdoa, insya Allah bisnis kita akan dijaga oleh Yang Maha Pemberi Rezeki.
Talkshow
Bercerita pengalaman pribadi
Waktu makan siang tiba. Biasanya diwaktu-waktu seperti ini, saya dan tim Rancupid sering diserbu oleh para peserta dan ditanya berbagai macam pertanyaan seputar bisnis dan Amazon. Seru juga mendengar cerita mereka yang pernah menjalankan bisnis, tetapi capek juga menjawab pertanyaan yang super banyak. Kalau sudah begitu biasanya saya pasti makan belakangan dan sedikit saja, karena nanti pasti ada coffee break lagi. Agak susah juga menjawab pertanyaan peserta sambil makan, makanya saya menaruh makanan sekedarnya saja. Kalau lapar, nanti tambah lagi, daripada langsung banyak tapi terbuang sia-sia.

Setelah makan siang, sesi berikutnya adalah perkenalan peserta. Bukan cuma peserta yang ingin tau bagaimana Rancupid, sebaliknya kami juga ingin tau bagaimana peserta. 19 orang mulai menceritakan diri mereka masing-masing, bisnis sebelumnya apa, motivasi ikut workshop, dan lainnya. Banyak dari para peserta sudah sukses duluan dan ikut workshop karena mau membesarkan bisnis. Ada juga yang ingin mengekspor barang ke Amerika seperti proyek jangka panjang Rancupid dan Woimedia yang sudah direncanakan. Bahkan ada pengusaha properti yang malah ingin pindah bisnis ke Amazon.
Para peserta
Setelah perkenalan, sesi dilanjutkan oleh Khanti yang membahas tentang Confirm Orders di Amazon. Agak susah sebenarnya menceritakan bagaimana cara Confirm Orders karena akun Amazon para peserta masih baru dan belum ada orderan sama sekali. Tetapi Khanti cukup meyakinkan dalam presentasi, sehingga lumayan mencuri perhatian para peserta. Hanya saja, sesi ini jadi berlangsung begitu cepat karena peserta tidak bisa hands on ke laptop masing-masing.
Khanti presentasi
Setelah sesi Khanti, barulah saya yang presentasi. Dari kemarin belum presentasi dan hari ini kebagian 2 sesi berturut-turut. Semula saya deg-degan tapi sedikit, beda banget ketika jaman kerja di Metrodata dulu dimana saya selalu stres kalau mau presentasi. Mungkin karena dulu nggak begitu paham dengan materi, sehingga presentasi adalah hal yang paling menakutkan😱. Berbeda dengan materi sekarang yang sangat saya sukai dan insya Allah saya pahami juga. 

Saya membahas sesi Managing Team atau Freelancers yang sukses membuat pertanyaan bertubi-tubi datang dari para peserta. Ada peserta yang dari awal 'ngantuk dan terdengar tidak antusias, tapi di sesi ini beliau sampai bertanya terus-menerus berkali-kali. Bahkan, tiap saya mengganti slide, pertanyaan terus-menerus timbul dan saya senang dengan antusiasme mereka. Walaupun saya jadi pegal memegang mic yang berat dan jadi jalan-jalan ke kiri dan ke kanan, tapi saya senang🥰. Materi yang saya bawakan memang bukan teknis dan lebih ke pengalaman sehari-hari bagaimana membentuk tim yang solid untuk membantu bisnis ini.
Saya presentasi
Waktu coffee break tiba dan saya langsung menghela napas panjang. Lelah sekali rasanya memegang mic yang berat. Saya mengambil cemilan dan minum teh, agar energi pulih kembali. Setelah istirahat, Rezki memandu para peserta bermain game terlebih dahulu biar nggak stres🤯. Udah 2 hari belajar melulu nanti malah pusing, makanya kita butuh refreshing sejenak. Permainan kali ini adalah tebak kata yang sukses membuat satu ruangan tertawa terbahak-bahak 🤣🤣🤣 dengan gaya mereka yang serius tapi lucu. Peserta dibagi dalam 4 tim untuk diadu menyebutkan huruf perkata. Semua peserta sangat serius bermain game walaupun hadiahnya tidak seberapa. Jadi senang banget melihatnya. Alhamdulillah semua langsung gembira pada saat itu dan siap menerima materi dari saya lagi.
Tim Rezki
Tim Mas Dzaky
Ketika saya memulai presentasi, seluruh ruang mendadak hening😶. Kali ini materinya memang agak sulit yaitu tentang Performance di Amazon dan mereka harus menyimak dengan seksama. Tidak seperti materi sebelumnya, para peserta tidak terlalu bertanya di sesi ini. Mungkin karena akun mereka baru 'lahir' dan menu Performance belum ada dosanya😅. Maka dari itu materi ini diberikan agar para peserta bisa menjaga akun terus dalam kondisi sehat agar tidak terkena Suspend dari Amazon.

Waktu Magrib dan makan malam tiba. Para peserta boleh kembali ke kamar masing-masing dulu atau mau makan juga dipersilahkan. Hari ini sesi workshop akan dilanjutkan sampai pukul 10 malam. Saya tidak kembali ke kamar karena banyak peserta yang menyerbu saya dengan berbagai pertanyaan. Seolah-olah waktu 1,5 jam untuk beristirahat tidak cukup karena kami harus kembali lagi ke ruang seminar.

Baiklah, saya cukupkan dulu blognya sampai disini. Nanti saya lanjutkan ke Part 3 karena sesi workshop malam ini dan besok sebenarnya masih ada kaitannya. Stay tuned!
Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip