November 24, 2018

Connecting The Dot - Workshop ~ Part 3

Hai, akhirnya kembali lagi menulis di sela-sela kesibukan yang membuat saya diare sejak senin kemarin. Ada yang bilang saya kecapekan, tapi kok saya nggak merasa capek🤔. Kegiatan memang lumayan banyak seperti ikut kuliah fotografi, meeting di luar, terus besoknya menghadiri pernikahan teman, masuk kantor, jadi tuan rumah acara Maulid Nabi Muhammad ﷺ , dan berakhir dengan demam tinggi. Saya bahkan udah nggak ingat lagi kapan terakhir demam setinggi itu sejak saya di vaksin flu. Tapi alhamdulillah sekarang sudah baikan dan siap menulis kelanjutan cerita workshop kemarin di Bandung.

Pada malam kedua seusai shalat magrib dan makan malam, workshop Connecting The Dot dilanjutkan. Kali ini kita membahas satu-persatu peserta yang kesulitan membuat akun Amazon dan berbagai problematika yang dihadapi peserta. Panitia sudah seperti dokter yang bertanya, "Amazon kamu keluhannya apa?" 😝😝😝 Dan hampir semua peserta memiliki permasalahan yang berbeda🤦‍♀️. Ada yang aneh banget seperti alamat di Billing Statement berbeda RT dan RW, nama komplek, nomor rumah, dan sebagainya. Ada juga yang passpornya terdiri dari 3 nama karena beliau pernah umroh, sedangkan di buku bank hanya 2 nama. Ampun dah😣!
Kepenatan malam itu
Kita memang berusaha membantu mereka untuk mencari solusi karena setiap permasalahan seperti itu bisa menjadi bahan pembelajaran untuk Rancupid agar kedepannya apabila menghadapi problamatika yang sama jadi tau harus bagaimana menghadapinya. Hanya saja karena begitu banyak masalah, bahkan hampir semuanya belum pernah kita hadapi sebelumnya, jadi bingung juga mencari solusinya😣. Tim Rancupid akan menampung semua pertanyaan yang nggak bisa kami jawab untuk menjadi bahan riset nantinya. 

Kalian tau, membahas permasalahan seperti ini saja membuat kelas workshop kita bubar jam 10 malam. Kakros juga udah mulai bergabung di workshop malam itu sehingga kita ada tambahan bala bantuan untuk memikirkan solusi para peserta yang akun Amazonnya belum tembus. Jadi terasa capek banget🥴. Ketika kembali ke kamar pun rasanya udah nggak sanggup ngapa-ngapain lagi. Palingan mandi, lalu masuk ke selimut dan tidur. Hari itu otak dan tenaga benar-benar terkuras. Alhamdulillah masih berjalan lancar.
Sampai jam 10 malam 💪
Masih harus bangun pagi di hari ketiga, materi workshop tentang Laporan Keuangan diisi oleh Kakros (nama aslinya Ade Rosiva, tapi saya suka panggil dia Kakros). Untuk urusan keuangan memang Kakros yang paling menguasai bahan karena dia adalah mantan auditor di PWC. Kita sengaja membuat materi ini di pagi hari agar pikiran masih fresh (padahal ngantuknya setengan mati😪), sehingga diharapkan orang-orang bisa menerima ilmu dengan baik. Materi yang satu ini agak sulit, sehingga panitia pun ikut memperhatikan dengan seksama.
Presentasi laporan keuangan
Peserta langsung hening
Setelah Kakros, Satrio melanjutkan presentasi. Kali ini dia mengajarkan peserta cara membaca data di menu Sales and Traffic Amazon. Jujur aja saya sendiri tidak begitu jago dalam membaca data dan ketika Satrio presentasi, saya jadi fokus memperhatikan setiap presentasi. Untung saja dia memberi penjelasan dengan detail, mudah, dan santai, sehingga gampang diterima oleh orang awam. Jadi lebih mengerti tentang hal teknis masalah data sebagai pembelajaran saya juga ketika nantinya RancupidTravel Marketplace sudah launching. Insya Allah.
Giliran Satrio presentasi
Ada pertanyaan?
Setelah Satrio presentasi, kami membagikan angket untuk survey kepuasan peserta. Sempat deg-degan dengan hasilnya karena ini adalah pilot project tapi alhamdulillah 97% puas dengan workshop kali ini. Acara ditutup dengan foto bareng dan makan siang. Untuk yang masih mau konsultasi masalah data, kita bisa layani sampai pukul dua siang. Setelah itu kami bersalam-salaman dengan peserta dan berterima kasih untuk keikutsertaannya dalam acara ini. Insya Allah batch dua akan dilaksanakan bulan Januari 2019.
Gaya baik dan benar
Setelah semua peserta pulang, Tim Rancupid dan Woimedia mengadakan meeting evaluasi. Karena acara berjalan lancar, evaluasi hanya memakan waktu 20 menit saja. Tidak ada hal yang terlalu signifikan yang dibahas karena alhamdulillah acaranya seru, peserta puas, makanan banyak, venue oke, dan tim dapat bekerjasama dengan sangat baik. Walaupun ini pertama kali Rancupid bekerja dengan Woimedia, alhamdulillah tidak ada hal buruk terjadi. Semuanya baik dan lancar, sehingga kita pasti bisa bekerja sama lagi di kemudian hari.
Gaya minta duit menurut saya
Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung terlaksananya acara ini dengan baik. Sampai jumpa di bulan Januari 2019, Insya Allah❤️❤️❤️.
Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip