Januari 01, 2019

2019 Reflections & Resolutions

Belum ada postingan yang bertengger di bulan Januari 2019. Saya akan memulainya dengan menuliskan resolusi dan refleksi. Sebenarnya ada beberapa postingan yang saya tulis di bulan ini tapi karena bercerita tentang hal di bulan-bulan yang lalu, jadi saya ubah saja tanggalnya agar lebih sesuai. Sebelum menulis, saya baca lagi 2017 Reflections yang pernah saya tulis ketika memasuki tahun 2018 sebagai napak tilas apa yang telah terjadi di tahun 2017. Sayangnya saya nggak menuliskan resolusi untuk tahun 2018 secara jelas sehingga saya sendiri nggak tau apakah keinginan di tahun 2018 benar-benar sudah tercapai.

Teringat dulu pernah merekam video untuk Instagram Story kalau saya ingin ke India dan Turki di tahun 2018. Alhamdulillah tercapai. Ada juga tentang ingin membuka Rancupid Farm e-commerce dan tercapai juga. Ingin fokus dengan Rancupid Travel sampai bertemu dengan tim IT di Bandung. Rancupid Travel ini adalah tantangan terberat di perusahaan yang sangat menguras uang, tenaga, dan waktu. Tapi saya belum berpikir untuk menyerah. Apa pun tantangannya akan saya hadapi dengan bismillah.
Saya akan bercerita beberapa hal:

Kondisi Perusahaan
Januari 2019 ini perusahaan saya ulang tahun ke-dua (2). Kalau diibaratkan dengan manusia, perusahaan saya sudah bisa ngomong beberapa patah kata, sudah bisa lari, dan bergaul. Alhamdulillah sudah  dua tahun mengelola perusahaan berbadan hukum. Banyak sekali cerita-cerita seru, suka, dan duka selama setahun kemarin yang tidak bisa dijabarkan satu-persatu.

Sama seperti di kehidupan nyata, memiliki anak berumur 2 tahun tantangannya semakin besar. Pengeluaran lebih banyak, riset harus lebih mendalam, belum lagi saya membutuhkan waktu untuk bercengkrama dengan orang-orang tercinta. Kata siapa jadi CEO enak? Memang kadang enak, kadang malah lebih enak jadi karyawan. Tapi hidup ini pilihan dan kita harus bertanggung jawab dengan pilihan yang sudah kita tetapkan. Dan saya sudah memilih untuk tetap mempertahankan perusahaan.

Sebenarnya sekarang kondisi perusahaan sedang tidak terlalu baik karena kita melakukan re-investing yang lumayan besar di line of business yang lain. Tapi alhamdulillah masih bisa bertahan (ini yang penting) dan membutuhkan kesabaran, usaha, dan doa, lebih dari biasanya. Tapi saya selalu percaya, hasil tidak akan mengkhianati usaha keras kita. Sejak awal tahun baru sampai hari ini, saya sibuk sekali mengurusi perusahaan. Jangan tanya betapa menguras tenaga dan pikiran semua hal ini. Mungkin saya terlihat santai, tapi itu mungkin sekadar pengalihan. Semoga cepat berlalu dan Allah subhanahu wata'ala memberikan petunjuk dan jalan keluar. Aminnnn🤲.

Bisnis Baru
Tahun 2018 akhirnya kita bisa memiliki tim IT di Bandung untuk mengembangkan aplikasi Rancupid Travel. Walaupun sampai sekarang belum launch ke publik, tapi Insya Allah dalam bulan ini sudah bisa menunjukkan hasil. Jadi nggak sabar ingin melihat Rancupid Travel seperti apa website Marketplacenya. Semoga sesuai dengan harapan🤩.

Rancupid juga akhirnya bisa mengadakan Training untuk Amazon Seller. Nggak nyangka akhirnya bisa jadi mentor dan tahu detail tentang materi yang disampaikan. Teringat dulu sewaktu masih bekerja di Oracle, kalau disuruh presentasi pasti keringat dingin. Berbeda dengan training yang diadakan perusahaan sendiri tuh bisa lebih improvisasi dan percaya diri dalam menyampaikan materi. Mungkin karena penguasaan materi yang berdasarkan pengalaman pribadi.

Negara Baru
Setiap tahunnya saya berusaha berkunjung ke negara baru paling tidak satu saja. Alhamdulillah di tahun 2018 ada 3 negara baru yang saya kunjungi yaitu : India, United Arab Emirates, dan Turki. Ada juga beberapa negara yang saya kunjungi lagi seperti Malaysia dan Korea.

Bagaimana di tahun ini? Saya ingin sekali berada sebulan di Eropa. Rasanya ingin mengoleksi foto-foto indah disana, bermain salju di Iceland, melihat aurora, merasakan warna-warni musim semi di Belgia, ke Paris yang katanya kota paling romantis di dunia, Spanyol, dan lainnya. Saya ingin kesana dibulan Oktober ke November agar dapat musim gugur dan musim saljunya. 

Untuk musim semi, saya ingin ke China dan Taiwan. Seharusnya sekalian ke Mongol biar khatam Asia Timur tapi sepertinya sulit walaupun di sisi Allah nggak ada yang sulit. Bisa saja saya mendapat rejeki yang tidak disangka-sangka untuk mengunjungi Ulaan Bataar. 

Oh ya, salah satu teman jalan saya si Wilay malah ngajakin travelling ke Russia. Duh, negara yang satu ini benar-benar menjadi salah satu keinginan saya yang hakiki😆. Tapi nggak bisa dijalanin semua karena nanti uang saya habis dong. Doakan saja uang saya ada terus dan nggak habis-habis.

Mengunjungi Tempat-Tempat Baru di Indonesia
Supaya orang-orang nggak berisik bilangin kalau saya lebih memilih trip Internasional, jadi saya berusaha mengunjungi tempat-tempat baru di Indonesia juga selama 2018. Selain untuk keperluan Rancupid Travel, saya juga suka kok jalan-jalan di dalam negeri. Saya telah mengunjungi Palembang dan Lombok. 

Tahun lalu cuma bisa berkunjung ke dua provinsi saja. Insya Allah ditahun ini bisa lebih banyak lagi. Tapi dengan permasalahan maskapai domestik menaikkan harga tiket pesawat dan menghilangkan kebijakan gratis bagasi, jangankan mau ke provinsi baru, pulang ke Aceh aja sulit karena tiket mahal😓.

Sebenarnya saya ingin sekali mengunjungi Sumba, Labuan Bajo, sampai ke Wae Rebo. Mungkin membutuhkan waktu sekitar semingguan untuk bisa menjelajah 3 tempat itu. Biasanya kendala yang saya alami adalah nggak ada teman jalan. Banyak teman yang agak susah cutinya kalau mau jalan-jalan sampai seminggu. Saya juga nggak mungkin jalan sendiri karena ada perasaan takut kalau menjelajah tempat baru tanpa tau keadaan masyarakatnya.

Keinginan selain yang diatas ☝️:

  1. Menikah👰🏻, supaya ada teman jalan terus tanpa perlu minta ijin sana-sini dan mempertimbangkan ini-itu. Kalau saya menikah tahun ini, pengen banget bikin Intimate Wedding Ceremony 💐 di Jakarta yang dihadiri teman-teman terdekat aja. Nggak perlu rame-rame seperti resepsi pernikahan yang biasa diselenggarakan keluarga saya di Aceh, yang penting acaranya sweet, memorable, bisa ngobrol sama teman-teman, makanan enak, ada tema acaranya, dan nggak mau di gedung. Pengennya di Cafe aja atau pesta kebun. Banyak maunya ya😅.
  2. Melunasi rumah🏡 supaya nggak tercekik dengan bunga bank. Kadang kalau lagi nggak ada duit, membayar cicilan segede itu perbulan berat juga. Apalagi kalau mau merenovasi kecil-kecilan sepertinya nanggung. Mending lunasin rumahnya, trus direnovasi seperti yang saya mau.  Pengen punya ruang kerja yang dikeliling lemari kaca berisi buku-buku📚. Pengen punya desain kamar mandi 🛀kering dan bersih juga. Semoga rejeki lancar.
Akhirnya, mari kita berusaha semaksimal mungkin, bersabar, berdoa, dan berserah diri pada Allah. Semoga Allah subhanahu wata'ala mendengar dan mengabulkan doa-doa saya. Aminn🤲. Tolong di-aminkan juga ya teman-teman.
Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip