Maret 21, 2020

Mengurus Visa Taiwan

Seharusnya ditanggal ini saya sudah terbang ke Taipei, tapi qadarullah belum bisa. Saya juga agak bingung mau menuliskan peraturan mengenai Bebas Visa ke Taiwan untuk pemegang Visa Jepang, Australia, New Zealand, Canada, dan United States dimasa-masa seperti ini. Kalau kalian buka website Kedutaan Taiwan, sudah pasti sedang tidak bisa berkunjung ke negara ini dan berlaku untuk semua passpor. Jadi, di masa Force Majeure seperti ini, bisa jadi peraturan-peraturan akan terus di update di website kedutaan. 

Saya sebenarnya sudah agak ragu mau ke Taiwan sejak awal Maret dimana muncul kasus positif Corona di Indonesia. Tapi masi optimis kalau negara Taiwan sangat siap menghadapi pandemi ini karena mereka juga pernah berdampak dengan wabah ditahun-tahun sebelumnya. Sampai pada H-3, Taiwan memberlakukan pelarangan masuk untuk semua Warga Negara Asing (WNA) demi menekan penyebaran wabah. Ya sudahlah, mungkin ada hikmah dibalik semua ini.

Walaupun saya batal ke Taiwan karena pandemi Virus COVID-19, tapi saya ingin menuliskan proses pengajuan Travel Authorization Certificate (TAC), sebutan bebas Visa untuk WNA dengan Visa negara tertentu, sebagai dokumentasi pribadi. Insya Allah nanti bisa kesana lagi. 

Berikut langkah-langkahnya
1. Saya masuk ke website https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ dan memilih bahasa.
Pilih Bahasa
2. Setelah itu nanti ada Workflow yang bisa dibaca baik-baik, lalu tinggal klik tombol Next.

Workflow
3. Nah, menurut saya Additional Requirements ini lumayan penting mengenai Visa apa saja yang bisa disertakan untuk mengurus bebas TAC ke Taiwan. Silahkan dibaca dengan seksama.

Dibaca yaaa!
4. Setelah selesai dibaca dan klik tombol Next, maka kalian harus mengisi data-data sesuai passpor.  Saya memutuskan untuk menyertakan Visa New Zealand. Gampang sih proses pengisian data ini, nggak sampai 5 menit juga jadi.
Diisi baik-baik
5. Setelah masukkan data, klik Process Flow, maka selesailah pengurusan TAC. Saya aja sampai heran kok bisa gampang banget ya? Gratis lagi. Mungkin para pemegang Visa negara-negara kuat sudah ribet duluan mengurus Visa untuk masuk ke negara tersebut, sehingga Taiwan udah percaya saja atas prosedur dari negara-negara itu.
Sudah jadi, tingal klik Print
Melihat foto ini masih agak sedih sih karena nggak jadi ke Taiwan. Tapi kalau dipikir-pikir dengan kondisi sekarang, jangankan mau ke Taiwan ya, mau pulang ke Aceh aja nggak bisa. Saya menuruti himbauan pemerintah untuk tidak mudik dan di rumah saja. Walaupun sudah bosan sekali ini😖😖😖.
TAC milik saya 😢
Baiklah, sekian dari saya. Nanti saya ingin menuliskan tentang kegiatan dan perasaan saya selama Social Distancing. Sampai jumpa!
Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip