November 15, 2020

Benjolan di Gusi

Sepulang dari Medan kemarin adalah jadwal kontrol gigi berikutnya. Sebelumnya saya pernah menuliskan kalau indikator metal di gigi saya masih miring secara horizontal yang berarti behel di gigi saya belum bisa dicopot. Padahal sudah dicoba ubah susunannya oleh Orthodentist tapi kurang menunjukkan hasilnya. Yang jadi masalah adalah susunan gigi atas. Bahkan sampai kembali merenggang.

Pada kontrol kali ini, dokter sampai diam berpikir sambil memperhatikan gigi saya. Mau diapain lagi ya ini? Saya bilang pada dokter kalau gigi geraham saya yang paling pojok susunannya agak naik, tapi gigi disebelahnya turun banget. Akhirnya dokter mengambil keputusan untuk menempelkan besi kembali ke geraham pojok (beberapa bulan yang lalu sempat dibuka karena gigi sudah rapat), sebagai pengaitnya. Saya juga harus memakai karet elastis di 4-5 gigi kiri agar cepet turun.

Pakai karet elastis
Nah yang jadi masalah adalah dokter mendeteksi ada benjolan di gusi saya yang menyebabkan gigi sebelah kanan nggak bisa naik ke atas. Benjolan tersebut menghambat gigi naik ke atas. Jujur aja mendengar hal itu saya langsung deg-degan, waduh kenapa ini😱? Saya sempat menunjukkan hasil rotgen setahun yang lalu kepada dokter dan nggak ada apa-apa digusi. Dokter juga jadi heran.
Terlihat ada benjolan
Terlihat jelas kalau bibir diangkat
Akhirnya dokter memberikan surat pengantar untuk melakukan Cone Beam Computed Tomograpy (CBCT) Scan atau bahasa lainnya rotgen 3D untuk kepala. Dokter menenangkan saya kalau scan ini hanya untuk memastikan kalau tidak ada apa-apa di gusi saya. Kalaupun ada sesuatu bisa langsung cepat ditangani (mendengar ini jadi deg-degan lagi😣).

Doakan semoga tidak ada hasil yang mengerikan ya. Semoga semuanya baik-baik saja. Amin ya Allah🤲.

  • Kontrol Sapphire Orthodentist Rp. 275,000
  • Karet Elastis Rp. 40,000
  • APD Rp. 95,000

Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip