Desember 15, 2020

Lepas Jahitan dan Kontrol

Hari ini saya kontrol gigi lagi berbarengan dengan buka jahitan di gusi. Ntah kenapa saya selalu takut kalau buka jahitan walaupun sebenarnya luka pasca operasi tulang gusi sudah sembuh total. Untuk buka jahitan harus ke dokter Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM) langsung atau dokter umum gigi. Kalau ke Sp.BM nggak ada tambahan biaya lagi, tapi kalau ke dokter umum ada biaya Rp.149,000.

Proses lepas jahitan sama sekali tidak sakit dan sangat cepat. Bahkan kurang dari 5 menit. Akhirnya saya melakukan scalling gigi sekalian karena sudah 6 bulan tidak scalling. Kawat indikator behel gigi saya dilepas terlebih dahulu untuk memudahkan scalling, termasuk karet gigi juga dilepas. Duh, rasanya enak banget kalau gigi tanpa kawat gigi sama sekali. Semoga permasalahan gigi segera berlalu ya Allah. Amin🤲!

Gigi tanpa kawat
Selesai lepas jahitan dan scalling gigi, saya kontrol gigi ke Orthodentist seperti biasa. Kali ini dr. Chandra hanya memasang kawat indikator dan karet gigi tanpa mengencangkan gigi kembali. Walaupun sebenarnya gigi mulai terlihat jarang karena pergerakan setelah gusi dioperasi. Hal ini dilakukan dokter karena gusi saya masih bengkak pasca operasi, jadi jangan dipaksa untuk dikencangkan giginya. Dokter juga meresepkan Cataflam untuk mengurangi peradangan dan bengkak.

Sejak dioperasi dua minggu yang lalu, sebenarnya kawat indikator di gigi saya mulai lebih lurus. Sepertinya memang biang kerok yang menyebabkan gigi atas masih miring ke bawah adalah penebalan tulang gusi. Alhamdulillah sudah selesai dikikis tulangnya. Tinggal satu sisa permasalahan gigi, yaitu gigi bungsu pojok sebelah kanan yang terus menendang-nendang gigi depannya. Nanti saya mau operasi juga gigi tersebut di Banda Aceh.

  • Lepas Jahitan Rp. 149,000
  • Scalling Rp. 449,000
  • APD Rp. 110,000
  • Charge Pasien Lama Rp. 40,000
  • Kontrol Orthodentist Rp. 275,000
  • Cataflam Rp. 90,000

Reactions:

0 comments:

Follow me

My Trip